Penulis Utama : Ester Ayuningtyas Cipta
NIM / NIP : K8413027
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Mata Pelajaran Sosiologi dengan menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT).

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data berasal dari informan, peristiwa dan dokumen atau arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini terbukti dari terjadinya peningkatan pada setiap siklusnya. Pada kegiatan Pra Siklus sebelum diterapkannya model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) keaktifan  siswa  38,62%.  Pada  Siklus  I keaktkifan  belajar  meningkat  menjadi 58,78%.  Pada Siklus  II keaktifan  belajar siswa  mencapai  79,96%.  Jadi  dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  Cooperative Learning  tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi.

Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Numbered Head Together (NHT), Keaktifan Belajar

×
Penulis Utama : Ester Ayuningtyas Cipta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413027
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8413027-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Slamet Subagya, M.Pd.
2. Siany Indria Liestyasari, S.Ant., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.