Penulis Utama : Khusnul Khotimah
NIM / NIP : S531408028
×

Abstrak

Latar Belakang: Pada lansia sering terjadi masalah kesehatan, salah satunya adalah peningkatan kadar kolesterol darah. Tingginya kadar LDL dapat menyebabkan terjadinya terjadinya Penyakit Jantung Koroner (PJK). Untuk mencegah dan menaggulanginya salah satunya dengan mengkonsumsi buah buah naga merah. Buah naga mengandung niasin, vitamin C dan asam palmitat yang dapat menurunkan LDL. Penangulangan secara non farmakologis bisa dengan olah raga. Olahraga meningkatkan kapasitas otot skelet dalam mengoksidasi asam lemak menjadi karbondioksida dan air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus buah naga merah dan senam terhadap kadar LDL dan HDL lansia di Lansia Banyuwangi. 
Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah Pre and Pos test with  control group desain, subyek nya adalah lansia, dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol  dan kelompok perlakuan yang diberi senam dan jus buah naga merah dengan dosis 2.86 gr/kg BB/hari. Intervensi dilakukan selama 14 hari. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk. Analisis statistik menggunakan 2 way anova, independent t-test dan Mann-Whitney.
Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan  bahwa perlakuan jus buah naga, senam lansia, serta gabungan buah naga dan senam lansia menurunkan LDL secara signifikan (p 0.003, 0.017, dan 0.008). Sedangkan pada kelompok kontrol tidak mengalami penurunan signifikan. Hasil perhitungan pada HDL perlakuan jus buah naga, senam lansia, gabungan keduanya mengalami peningkatan signifikan,(p :0,040, 0,000, dan 0,001). Sedangkan pada kontrol tidak mengalami peningkatan signifikan (0,306).
Kesimpulan : senam lansia dan jus buah naga dapat menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

Kata Kunci : jus buah naga merah,senam lansia, Low Density Lipoprotein (LDL), High Density Lipoprotein (HDL)

×
Penulis Utama : Khusnul Khotimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531408028
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Jus Buah Naga Merah dan Senam terhadap Kadar Low Density Lipoprotein dan High Density Lipoprotein Lanjut Usia Dinas Sosial Banyuwangi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Gizi-S531408028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapja Anantanyu, M.Si.
2. Dr. Budiyanti Wiboworini, dr, M.Kes., SpGK.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.