Penulis Utama : Ratna Analisa
NIM / NIP : D0213074
×

Abstrak

Keberadaan sosial media Instagram sebagai salah satu bentuk media baru saat ini memiliki kontribusi nyata dalam berbagai aspek kehidupan pengguna media sosial tersebut. Hal ini dimanfaatkan pula oleh masyarakat untuk mencari dan berbagi berbagai informasi termasuk informasi mengenai pariwisata.  Ada banyak akun Instagram penyedia sekaligus media pertukaran informasi pariwisata, salah satunya adalah Instagram @explore_wonogiri. 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya hubungan antara terpaan media Instagram @explore_wonogiri dengan dampak media serta ada tidaknya hubungan antara terpaan media Instagram @explore_wonogiri dengan dampak kognitif, afektif, dan konatif di kalangan followersInstagram @explore_wonogiri. Penelitian ini adalah penelitian korelatif dan menggunakan teknik quota sampling untuk mengumpulkan sample berdasar kriteria hingga jumlah kuota terpenuhi. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dari Google Form hingga terkumpul data dari 346 responden. 
Diperoleh koefisien korelasi antara terpaan media dengan dampak media sebesar 0,540. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan. Selanjutnya, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,352 untuk hubungan antara terpaan media dengan dampak kognitif, sebesar 0,535 untuk hubungan antara terpaan media dengan dampak afektif, dan sebesar 0,387 untuk hubungan antara terpaan media dengan dampak konatif. Hasil keseluruhan menunjunjukkan bahwa ada hubungan yang positif, namun terpaan media dengan dampak afektif adalah yang paling dominan.

Kata Kunci : studi korelasi, media baru, terpaan media, dampak media

×
Penulis Utama : Ratna Analisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213074
Tahun : 2017
Judul : Instagram dan Dampak Media (Studi Korelasi Terpaan Media Sosial Instagram akun@explore_wonogiri dengan Dampak Kognitif, Afektif, dan Konatif di Kalangan Followers Instagram @explore_wonogiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0213074-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo, S. Sos., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.