Penulis Utama : Ilma Yunita
NIM / NIP : K2315035
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal materi Gelombang Cahaya; (2) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal materi Gelombang Cahaya; dan (3) cara mengatasi siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal materi Gelombang Cahaya.
Subjek utama penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik tes berupa soal uraian kognitif Fisika untuk mengumpulkan data kesalahan siswa dalam mengerjakan soal dan teknik wawancara untuk memperoleh informasi langsung kesalahan-kesalahan dalam mengerjakan soal serta penyebabnya. Analisis jenis kesalahan siswa menggunakan prosedur Newman’s Error Analysis. Uji validitas data menggunakan triangulasi dengan menggabungkan teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) siswa yang melakukan kesalahan reading sebesar 2,23 %, kesalahan comprehension sebesar 30,36 %, kesalahan transformation sebesar 16,96 %, kesalahan process skill sebesar 20,98 % dan kesalahan encoding sebesar 16,52 %; (2) penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu pertama, faktor internal antara lain siswa tidak teliti, tidak paham simbol matematis dan hanya menghafalkan persamaan matematisnya saja. Kemudian faktor eksternal antara lain siswa kurang variasi latihan soal dan tidak terbiasa menuliskan jawaban secara sistematis; dan (3) Cara mengatasi kesalahan yang dilakukan siswa antara lain: Guru sebaiknya mengajarkan konsep lebih detail agar siswa dapat mengerjakan soal yang bervariasi dan membiasakan siswa mengerjakan soal secara sistematis. Kemudian siswa sebaiknya memperhatikan guru saat guru menjelaskan materi, bertanya kepada guru apabila belum memahami penjelasan guru, dan lebih banyak mengerjakan latihan soal secara mandiri.

Kata Kunci : Analisis kesalahan Newman, Penyebab kesalahan, Materi gelombang cahaya

×
Penulis Utama : Ilma Yunita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315035
Tahun : 2019
Judul : Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pada materi gelombang cahaya kelas XI MIA SMA Negeri 2 Surakarta tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K2315035-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.,
2. Drs. Surantoro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.