Penulis Utama : Jauhar Ravi Kurnia
NIM / NIP : M3116039
×

LPG (Liquefied Petroleum Gas) merupakan salah satu sumber daya alam yang mengalami peningkatan konsumsi setiap tahunnya terutama di sektor rumah tangga. Meningkatnya penggunaan bahan bakar LPG meningkatkan pula resiko terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran tabung LPG. Tetapi tidak semua produsen tabung LPG memberikan sistem keamanan yang mereka jual.
Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan sebuah alat yang mampu mendeteksi kebocoran gas dan tingkat bahaya kebocorannya berdasarkan kadar gas dan tekanan pada LPG. Pada penelititan ini terdapat 2 sensor yang digunakan yaitu sensor gas MQ-6 dan sensor tekanan MPX53DP yang terhubung dengan NodeMCU ESP8266 dan dapat digunakan untuk monitoring melalui platform.
Produk yang dihasilkan merupakan sebuah prototipe yang berfungsi untuk mendeteksi suatu kebocoran gas pada batas tegangan yang sudah ditentukan yaitu 1,25V melalui pengujian serta dapat monitoring tekanan dengan cukup akurat dimana data yang diperoleh akan dikirim ke platform melalui internet oleh NodeMCU ESP8266 sehingga pengguna bisa memantau secara langsung atau real time.  

Kata kunci : LPG, NodeMCU ESP8266, MQ-6, MPX53DP

×
Penulis Utama : Jauhar Ravi Kurnia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3116039
Tahun : 2019
Judul : Prototipe pendeteksi kebocoran gas LPG dan monitoring tekanan menggunakan sensor gas MQ-6 dan sensor tekanan MPX53DP berbasis internet of things
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2019
Program Studi : D-3 Ilmu Komputer Teknik Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA Prog. D III Teknik Informatika-M3116039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rudi Hartono , S.Si, M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.