Penulis Utama : Fajriati Fatimah Az-zahra
NIM / NIP : K7515017
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan: (1) persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Tata Kelola Sarana dan Prasarana; (2) persepsi siswa tentang peggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Tata Kelola Sarana dan Prasarana; (3) persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Tata Kelola Sarana dan Prasarana.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 108 siswa. Sampel dalam penelitian sejumlah 85 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportional  random  sampling  dengan  cara  undian.  Teknik  pengumpulan  data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji T, dan uji F.
Berdasarkan   hasil   penelitian   dapat   disimpulkan   bahwa:   (1)   Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi  belajar  siswa  mata  pelajaran  tata  kelola  sarana  dan  prasarana  kelas  XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (7,131) > ttabel (1,989) maka Ho ditolak dan Ha1 diterima pada taraf signifikan 5%; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran tata kelola sarana dan prasarana kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung (3,898) > ttabel (1,989) maka Ho ditolak dan Ha2   diterima pada taraf signifikan 5%; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran tata kelola sarana dan prasarana kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (59,143) > Ftabel (3,11) maka Ho ditolak dan Ha3 diterima pada taraf signifikan 5%.

Kata kunci : Metode Mengajar Guru, Media Pembelajaran, dan Prestasi Belajar

 

×
Penulis Utama : Fajriati Fatimah Az-zahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7515017
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran Smk Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Administrasi Perkantoran -K7515017-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si.,
2. Susantiningrum, S.Pd., SE., MAB.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.