Penulis Utama : Giovanny Ryano Ramantika
NIM / NIP : K1215024
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kemampuan menulis siswa dilihat dari: (1) ketepatan judul dalam hasil karya tulis siswa SMP Negeri 2 Karanganyar, (2) paragraf yang dikembangkan dalam hasil karya tulis siswa SMP Negeri 2 Karanganyar, (3) keefektifan kalimat dalam hasil karya tulis siswa SMP Negeri 2 Karanganyar, (4) diksi yang digunakan dalam hasil karya tulis siswa SMP Negeri 2 Karanganyar, (5) ejaan yang digunakan dalam hasil karya tulis siswa SMP Negeri 2 Karanganyar, (6) faktor penyebab kesalahan berbahasa pada hasil karya tulis siswa SMP Negeri 2 Karanganyar, dan (7)  upaya  yang  dapat  dilakukan  pada  hasil  karya  tulis  siswa  SMP  Negeri  2 Karanganyar.
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  kualitatif.  Sumber  data   yang digunakan adalah dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling untuk dokumen dan in-dept interview bersama guru bahasa Indonesia dan siswa SMP Negeri 2 Karanganyar. Peneliti menggunakan teknik analisis mengalir dengan sumber data utama hasil karya tulis siswa SMP Negeri 2 Karanganyar.  Uji  validitas  data  menggunakan  teknik  triangulasi  teori  dan triangulasi sumber.
Hasil analisis temuan dan pembahasan mengenai kemampuan menulis siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Karanganyar dapat disimpulkan: (1) Penentuan judul dalam hasil karya tulis siswa dalam menggunakan kalimat yang lugas dan mudah dipahami. (2) Pengembangan paragraf dalam hasil karya tulis siswa meliputi kepaduan paragraf, kesatuan paragraf, dan kelengkapan paragraf. (3) Keefektifan kalimat dalam hasil karya tulis siswa meliputi kehematan kalimat, kesejajaran kalimat, kepaduan kalimat, penekanan  kalimat,  dan  kelogisan  kalimat.  (4)  Penggunaan  diksi  dalam  hasil karya tulis siswa meliputi kata tidak tepat, kata bersinonim, kata beristilah asing, dan kata tidak baku. (5) Penggunaan ejaan dalam hasil karya tulis siswa meliputi kesalahan penggunaan tanda koma, tanda titik, tanda hubung, tanda kurung, tanda petik tunggal, tanda titik dua, penggunaan huruf kapital, huruf miring, huruf tebal, penggunaan kata dasar, kata berimbuhan, dan bentuk ulang. (6) Penyebab kesalahan berbahasa dalam hasil karya tulis siswa dikarenakan kurangnya latihan menulis, penggunaan bahasa yang kurang tepat, dan kurangnya konsentrasi siswa dalam pembelajaran. (7) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesalahan berbahasa dalam hasil karya tulis siswa antara lain latihan menulis untuk siswa, meningkatkan  penguasaan  kaidah kebahasaan,  dan menciptakan  suasana kelas yang kondusif.

Kata kunci: kemampuan menulis, kesalahan berbahasa, karya tulis siswa.

 

×
Penulis Utama : Giovanny Ryano Ramantika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215024
Tahun : 2019
Judul : Kemampuan Menulis Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Smp Negeri 2 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bahasa Indonesia-K1215024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan M.Pd,
2. Sri Hastuti S.S., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.