Penulis Utama : Indah Dana Kharisma
NIM / NIP : F3616030
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui ketentuan umum pembiayaan Murabahah berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional, (2) Mengetahui bagaimana implementasi pembiayaan Murabahah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta. (3) Mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab  terjadinya pembiayaan  bermasalah serta upaya  yang dilakukan  oleh Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta dalam penanganan pembiayaan bermasalah tersebut. Penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan wawancara secara langsung kepada staff Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta. Selain itu juga dilakukan observasi secara langsung pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta yang berada di Jl. Brigjend Slamet Riyadi No. 318 Surakarta. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode analisis deskriptif. Selain data yang telah diperoleh dari Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta, juga menggunakan refrensi dari sumber lain. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  :  (1)  Ketentuan  pembiayaan  Murabahah  di  Bank  BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta berpedoman pada Fatwa Dewan Syariah Nasional No. 4/DSN-MUI/IV/2000. (2) Prosedur permohonan pembiayaan Murabahah meliputi: tahap pengajuan, tahap analisis, tahap realisasi dan akad. Implementasi pembiayaan Murabahah pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta sudah sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional. (3) Pembiayaan bermasalah akad Murabahah lebih banyak disebabkan karena faktor yang berasal dari pihak nasabah, terutama karena perubahan karakter nasabah  yang kurang baik. Strategi penanganan pembiayaan bermasalah yang dilakukan oleh Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta adalah dengan Reschedule.


Kata  kunci  :  Pembiayaan,  Murabahah,  Pembiayaan  Bermasalah,  Faktor Penyebab, Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Indah Dana Kharisma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3616030
Tahun : 2019
Judul : Analisis Faktor Penyebab dan Penanganan Pembiayaan Murabahah Bermasalah di Bank BNI Syariah Kantor Cabang Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Keuangan dan Perbankan-F3616030-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ariyanto Adhi Nugroho M.Ec,Dev MAPPI Cert,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.