Penulis Utama : Saiful Bahri MM
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing saham pada initial return di Bursa Efek Jakarta (tahun 1999 – 2002)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0299097-2004
Subyek : KEWIRASWASTAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian dengan judul “Analisis Minat Pengelola Warnet Di Surakarta Terhadap Client Windows Dan Server Linux”, adalah dimaksudkan untuk mencari pengaruh dari variabel sikap, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap variabel minat. Masalah yang hendak dicari dalam penelitian ini adalah apakah sikap, norma subyektif dan kontrol perilaku yang dirasakan berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan perangkat lunak Windows sebagai aplikasi client dan perangkat lunak Linux (Red Hat, Mandrake, FreeBSD) sebagai aplikasi server. Penelitian ini mempunyai tujuan (1) Mengetahui sikap pengelola warnet terhadap perilaku, norma subyektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap pemilihan perangkat lunak Linux untuk aplikasi server dan Microsoft Windows sebagai client di Surakarta. (2) faktor-faktor apakah yang dominan minat pengelola warnet di Surakarta dalam menggunakan perangkat lunak Microsoft Windows untuk aplikasi client dan sistem operasi Linux untuk aplikasi server.

Hipoteis yang dapat dikemukakan dalam penelitian ini adalah ”Diduga terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel sikap, norma suyektif dan kontrol perilaku yang dirasakan secara individual terhadap minat Windows Client dan Server Linux”, “diduga terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari variabel sikap, norma suyektif dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap minat Windows Client dan Server Linux”, “diduga norma subyektif mempunyai pengaruh yang dominan terhadap penggunaan perangkat lunak untuk aplikasi waneet”. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskreptif untuk mengetahui variabel minat melalui Theory of Planned Behavior dan analisis kuantitatif yaitu regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah penelitian sensus, dimana dalam populasi tersebut berdasarkan survei secara langsung di lapangan diperoleh 38 unit warnet. Pengukuran tanggapan konsumen dengan menggunakan skala likert. Data yang terkumpul kemudian diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan

Dari hasil uji analisis regresi linier berganda diperoleh hasil, untuk minat aplikasi Windows sebagai komputer client Y = 0,599 + 0.01917X1 + 0,04216X2 + 0,02173X3 dan untuk server Linux diperoleh Y = 0,662 + 0,02549X1 + 0,04790X2 + 0,01324X3. Dari hasil uji F didapat nilai F-hitung > F-tabel (52,968 > 2,84) untuk variabel minat aplikasi windows sebagai komputer client dan untuk server Linux didapat nilai F-hitung > F-tabel (39,748 > 2,92), sedangkan untuk uji t untuk minat Windows sebagai komputer client diperoleh sikap (AB) 4,171, norma suyektif (SN) 7,868 dan kontrol perilaku (PC) 4,338 dengan masing-masing nila t-tabel 2,021. Kemudian nilai t untuk minat server Linux didapat nila sikap (AB) 3,981, norma suyektif (SN) 5,820 dan kontrol perilaku (PC) 2,732 dengan masing-masing nila t-tabel 2,042. Koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 91,2 % untuk Windows sebagai aplikasi komputer client dan untuk server Linux 90,6 %. Berdasarkan hasil dari data yang telah diperoleh kedua jenis hipotesis diatas yaitu mencari pengaruh yang signifikan baik secara individual maupun secara bersama telah terbukti. Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini untuk aplikasi Windows sebagai komputer client warnet dan untuk server Linux adalah variabel norma subyektif, dengan dmikian hipotesis ketiga terbukti.

Saran dalam penelitian ini adalah dalam komunitas administrator warnet di Surakarta intensitas komunikasi profesi perlu diperluas lagi kedalam kalangan akademis sehingga akan saling memberikan dukungan secara bersama-sama mensosialisasikan dan mengembangkan teknologi informasi di Surakarta, Pengelola warnet perlu memberikan wacana berbagai jenis perangkat lunak yang telah beredar dalam masyarakat, dengan tujuan untuk jangka panjang yang bisa diperoleh adalah alternatif pemilihan perangkat lunak khususnya untuk apliksi client lebih luas, sehingga masyarakat lebih fleksibel dengan kehadiran sistem operasi teknologi informasi yang baru. Hal ini bisa melalui menginstalasi salah satu atau beberapa komputer client dengan sistem operasi yang berbeda, Transfer pengetahuan dan informasi dalam komunitas pengelola warnet perlu dikelola, sehingga pengetahuan kendala-kendala teknis operasional warnet dapat dikuasai melalui pengarahan konsep materi-materi yang diperlukan maupun permasalahan dalam bisnis, mengingat atribut peran saran-saran diantara pakar maupun pengelola warnet begitu berpengaruh, kemudahan dalam mendapatkan perangkat lunak di Surakarta bagi masyarakat sangat perlu diperhatikan oleh komunitas pengelola warnet. Dengan demikian perkembangan baru tentang teknologi informasi tidak hanya beredar khususnya dikalangan komunitas TI (teknologi informasi), melalui penyedian program-program aplikasi yang dapat di download langsung (bersifat freeware) langsung dari internet.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis