Penulis Utama : Primadhani Puraningtyas
NIM / NIP : F3216044
×

ABSTRAK

Kebutuhan pasar dan selera pasar akan terus berubah seiring dengan waktu. Oleh karena itu terjadi persaingan di sektor industri yang sangat ketat. Perusahaan dituntut untuk dapat terus mengelola dan mengembangkan potensinya secara maksimal. Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengembangan produk. Pengembangan produk merupakan upaya memperbaiki produk yang sudah ada ataupun merencanakan produk baru yang sesuai dengan perubahan pasar. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan produk apa saja yang telah dilakukan oleh Perum Bulog Sub Divre III Surakarta, serta untuk mengetahui hasil dari pengembangan produk yang telah dilakukan terhadap peningkatan volume penjualan bahan pangan komersil Perum Bulog Sub Divre III Surakarta.
Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis, menggambarkan dan meringkas berbagai data pada situasi tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan langsung selama penulis berada di wilayah Pusat Distribusi Ngabeyan dan melalui wawancara yang dilakukan dengan narasumber Kepala Seksi Komersil dan Pengembangan Bisnis, Manajer Pusat Distribusi dan staff komersil Perum Bulog Sub Divre III Surakarta Bulog.
Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan penjualan komersil Perum Bulog Sub Divre III Surakarta telah melakukan tiga taktik pengembangan produk berupa pengembangan ciri yang dilakukan pada variasi kemasan komoditi beras, gula dan minyak, pengembangan kualitas pada komoditi beras dan gula. Serta pengembangan gaya pada pengemasan ulang paketan. Berdasarkan penelitian ini pengembangan produk memiliki peran yang besar dalam peningkatan penjualan bahan pangan komersil Perum Bulog Sub Divre III Surakarta terutama penjualan dalam satuan unit. Dengan semakin banyaknya produk memungkinkan memberi pilihan yang lebih luas bagi calon konsumen untuk dapat melakukan pembelian sesuai kebutuhannya yang pada akhirnya mampu meningkatakan volume penjualan pada perusahaan tersebut.

Kata kunci :Bulog, Pengembangan Produk, Penjualan Komersil.

 

×
Penulis Utama : Primadhani Puraningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3216044
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Produk pada Penjualan Bahan Pangan Komersil Perum Bulog Sub Divre III Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Manajemen Pemasaran -F3216044-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti S.E.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.