Penulis Utama : Azhar Fakhri Hardian
NIM / NIP : D0114024
×

ABSTRAK

Evaluasi Implementasi Peraturan Bupati Kebumen Nomor 76 Tahun 2017 Tentang Penyediaan Angkutan Gratis Bagi Pelajar Miskin Dan Warga Miskin Tahun 2018. Skripsi. Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret. 2019.  117 Halaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi jalannya Peraturan Bupati Kebumen Nomor 76 Tahun 2017 Tentang Penyediaan Angkutan Gratis Bagi Pelajar Miskin Dan Warga Miskin Tahun 2018 sehingga dapat diketahui ketidakpatuhan yang terjadi pada saat pengimplementasian, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala yang terjadi pada saat pengimplementasian kebijakan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan dukungan data kualitatif yang dilakukan di Kabupaten Kebumen. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Sedangkan Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Validitas datan menggunakan trianggulasi sumber, sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis interaktifMiles dan Huberman.
Hasil penelitian ini secara garis besar dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Perbup sudah berjalan dengan SOP yang ditetapkan walaupun dilapangan masih terjadi kendala. Tahap kerjasama antara Pemerintah Kabupaten kebumen yang diwaliki oleh Dishub sebagai pelaksana dengan Koperasi Trans Kebumen sudah berjalan dengan baik dan tidak terjadi ketidakpatuhan maupun kendala apapun. Untuk tahap pencetakan dan pendistribusian karcis dari pihak Dishub sudah mencetak sesuai dengan data dan didistribusikan melalui mitra, tetapi terdapat kendala dilapangan terkait jumlah karcis yaitu masih belum terdatanya semua penerima manfaat. Selain itu terdapat ketidakpatuhan dari pihak sasaran yaitu adanya indikasi jual beli karcis. Pada tahap pelayanan, ketidakpatuhan dilakukan oleh sebagian sopir angkutan yaitu berhenti melayani sebelum waktu yang telah ditetapkan. Sedangkan tahap pencairan karcis, pihak Dishub dan Koperasi Trans Kebumen telah melakukan pelayanan sesuai dengan SOP tetapi hal tersebut menjadi masalah dilapangan terkait dengan kepuasan awak angkutan. Untuk factor yang menyebabkan kebijakan angkutan gratis berhenti berasal dari sumber daya dana yang kurang sehingga tidak mencukupi operasional

Kata Kunci : evaluasi implementasi, kebijakan angkutan, angkutan gratis

×
Penulis Utama : Azhar Fakhri Hardian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114024
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi implementasi peraturan Bupati Kebumen nomor 76 tahun 2017 tentang penyediaan angkutan gratis bagi pelajar miskin dan warga miskin tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0114024-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Nurharjadmo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.