Penulis Utama : Bagus Wahyu Prastyo
NIM / NIP : A121508011
×

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah penguasaan keterampilan teknik dasar dan meningkatkan kemampuan fisik pemain futsal tingkat intermediate yang belum baik dan belum adanya model-model latihan teknik dasar futsal yang menarik dan mudah dilakukan oleh pemain futsal tingkat intermediate, serta model latihan fisik yang yang khusus dibutuhkan oleh pemain futsal tingkat intermediate. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun model latihan teknik dasar dan latihan fisik futsal yang baik dan tentunya mudah dilakukan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “metode penelitian pengembangan, (research and development)”. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yaitu, (1) tahap analisis kebutuhan (studi pendahuluan), (2) tahap uji coba produk untuk mengetahui kelayakan dari produk yang dikembangkan, dan (3) tahap uji efektifitas produk (eksperimen), dengan menggunakan rancangan eksperimen two group randomize pre test and post test. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, teknik penilaian dengan menggunakan skala penilaian (rating scales) dan tes.
  Tahap pertama adalah analisis kebutuhan dengan mewawancarai para pelatih futsal di Kota Malang, dengan hasil para pelatih mengemukakan bahwa teknik dasar dan kemampuan fisik futsal merupakan bagian yang lemah untuk dikuasai oleh para pemain tingkat intermediate. Hal ini juga dipengaruhi oleh kurangnya spesifikasi latihan yang diberikan secara khusus yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar dan kemampuan fisik futsal para pemain tingkat intermediate. Tahap kedua proses pelaksanaan uji coba yang dimulai dengan evaluasi ahli yaitu ahli futsal dengan rata-rata skor 88,40 %, rata-rata skor dari ahli latihan fisik sebesar 83,33 % dan memperoleh rata-rata dari ahli media sebesar 82,66 %. Tahap selanjutnya melakukan uji coba kelompok kecil dengan 12 sampel memperoleh rata-rata skor 78,84 % dan uji coba kelompok besar dengan 24 sample memperoleh rata-rata skor sebesar 84,30 %. Tahap yang ketiga adalah uji efektifitas produk dengan hasil, nilai beda tes keterampilan teknik dasar futsal kelompok eksperimen 0,60 kelompok kontrol 0,26. Sedangkan untuk nilai beda tes kemampuan fisik futsal power kelompok eksperimen 0,59 kelompok kontrol 0,34. Nilai beda tes kelincahan kelompok eksperimen 2,41 kelompok kontrol 1,32. Nilai beda tes kecepatan kelompok eksperimen 2,03 kelompok kontrol 0,95. Nilai beda tes daya tahan kelompok eksperimen 49,15 kelompok kontrol 30,75.  
Berdasarkan perbandingan nilai rata-rata tes tersebut peningkatan hasil tes untuk kelompok eksperimen lebih menunjukkan kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan model latihan teknik dasar dan latihan fisik pemain futsal tingkat intermediate terbukti efektif meningkatkan keterampilan teknik dasar dan kemampuan fisik pemain futsal tingkat intermediate di Kota Malang.

Kata Kunci : futsal, latihan teknik dasar, latihan fisik, media flip book make

×
Penulis Utama : Bagus Wahyu Prastyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508011
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar dan Latihan Fisik Berbasis Media Flip Book Maker pada Pemain Futsal Tingkat Intermediate (Studi Pengembangan pada Pemain Futsal di Kota Malang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121508011-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr., SU., AIFO., MARS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.