Penulis Utama : Aqiillah Hepyanti Damanik
NIM / NIP : G0014037
×

Abstrak

Latar Belakang: Psoriasis merupakan penyakit kulit yang umum, kronik, dan tidak menular, dengan penyebab dan terapi yang belum jelas. Penyakit ini dapat mengenai segala usia, jenis kelamin, dan ras. Diperkirakan psoriasis mengenai  kurang lebih  2?ri  penduduk  dunia.  Salah satu  faktor  yang mempengaruhi keadaan psoriasis adalah obesitas abdominal. Obesitas abdominal adalah akumulasi jaringan lemak di intra-abdominal. Menurut WHO, pengukuran obesitas abdominal dapat dilakukan dengan mengukur lingkar pinggang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara obesitas abdominal terhadap derajat keparahan psoriasis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek adalah penderita psoriasis di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Subyek diambil secara consecutive sampling. Subjek merupakan pasien psoriasis  yang berkunjung di poliklinik kulit dan kelamin dari 18 November 2017 – 9 Desember 2017 selama 12 kali sampling. Data lingkar pinggang  dan  status  pasien  diperoleh  dari  pengukuran  serta  pemeriksaan yang  dilakukan  di  poli  kulit  dan  kelamin  RSUD  dr.  Moewardi.  Data dianalisis menggunakan uji korelasi Fisher Exact Test.

Hasil: Dari 37 sampel pasien psoriasis di RSUD Dr. Moewardi yang diteliti pada 18 November 2017 – 9 Desember 2017, didapatkan hubungan tidak signifikan antara obesitas abdominal terhadap  derajat keparahan  psoriasis (sig. 0,653)

Simpulan: Tidak ada hubungan antara obesitas abdominal terhadap derajat keparahan psoriasis di RSUD Dr. Moewardi.

Kata Kunci : obesitas abdominal, psoriasis, lingkar pinggang

×
Penulis Utama : Aqiillah Hepyanti Damanik
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014037
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Obesitas Abdominal terhadap Derajat Keparahan Psoriasis di RSUD dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0014037-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arie Kusumawardani, dr, Sp.KK.
2. Nurachmat Mulianto, dr., Sp.KK.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.