Penulis Utama : Satria Ardi Nurdani
NIM / NIP : G0014218
×

Abstrak

Latar belakang: Kebisingan merupakan salah satu sumber bahaya di bengkel sepeda motor yang memiliki dampak pada kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan tekanan darah pada intensitas kebisingan >85 dB. Peningkatan ini dipengaruhi oleh lamanya paparan kebisingan tersebut, semakin lama akan semakin tinggi pula risiko yang ditimbulkan. Indeks massa tubuh (IMT) juga merupakan salah satu faktor risiko, individu dengan berat badan berlebih akan menambah beban kerja sistem kardiovaskuler sehingga meningkatkan risiko terjadinya peningkatan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh masa kerja dan indeks massa tubuh dengan tekanan darah pada mekanik terpapar kebisingan di bengkel resmi sepeda motor.

Metode penelitian: Desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional, dilakukan di bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Surakarta pada November 2017. Besar sampel berjumlah 40 mekanik yang dipilih melalui purposive sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Data diperoleh dari pengukuran tekanan darah, indeks massa tubuh, umur, dan tingkat stres serta masa kerja berdasarkan data profil mekanik. Variabel bebas berupa masa kerja dan IMT, variabel terikat tekanan darah, variabel moderator kebisingan dan variabel perancu tingkat stres. Data yang didapat diuji menggunakan uji normalitas data Shapiro-Wilk, analisis bivariat Chi-square dan Fisher, serta multivariat Regresi Logistik (? = 0,05).

Hasil penelitian: Tekanan darah sistolik tidak berpengaruh secara signifikan dengan masa kerja (p = 0,580) dan IMT (p = 0,455), nilai Nagelkerke R Square =0,027. Tekanan darah diastolik tidak berpengaruh secara signifikan dengan masa kerja (p = 0,165) dan IMT (p = 0,636), nilai Nagelkerke R Square = 0,067.

Simpulan penelitian: Masa kerja dan indeks massa tubuh tidak berpengaruh terhadap tekanan darah mekanik dengan paparan kebisingan di bengkel resmi sepeda motor.

Kata Kunci : bising terputus-putus, tekanan darah, masa kerja, indeks massa tubuh, bengkel sepeda motor

×
Penulis Utama : Satria Ardi Nurdani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014218
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Masa Kerja dan Indeks Massa Tubuh dengan Tekanan Darah pada Mekanik Terpapar Kebisingan di Bengkel Resmi Sepeda Motor
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Pendidikan Dokter-G0014218-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, S.KM., M.Kes.
2. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.