Penulis Utama : Rinika Dewantari
NIM / NIP : K4315051
×

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh antara penbelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw disertai Peta Konsep (Concept Map) terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelompok belajar peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian merupakan quasi experiment. Desain penelitian ini adalah posttest only group design dengan kelas kontrol menggunakan model jigsaw dan kelas eksperimen menggunakan model jigsaw disertai Concept Map. Pembelajaran biologi di kelas menerapkan materi ekologi: aliran energi, siklus/daur biogeokimia dan interaksi dalam ekosistem. Data berupa skor concept map peserta didik, hasil posttest dan nilai Penilaian Akhir Semester (PAS). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi untuk kemampuan awal siswa dengan nilai PAS. Validasi data menggunakan uji kalmogorov-smirnov dan uji Levenes. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan berdasarkan analisis kuantitatif menggunakan anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw disertai concept map berpengaruh nyata terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 2) kemampuan akademik siswa berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran jigsaw dengan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : critical thinking, concept map, cooperative learning jigsaw, kemampuan akademik.

 

×
Penulis Utama : Rinika Dewantari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4315051
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh model cooperative learning tipe jigsaw disertai concept map terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan akademik siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam-K4315051-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riezky Maya Probosari, S. Si, M. Si.,
2. Dr. Slamet Santosa, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.