Penulis Utama : Urfan Ismail
NIM / NIP : K6415061
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi pendidikan karakter yang dilakukan melalui apel pagi di SMK Negeri 2 Sukoharjo; 2) Dampak apel pagi terhadap karakter siswa di SMK Negeri 2 Sukoharjo untuk pembentukan good citizen; 3) Hambatan dan solusi dalam pembentukan good citizen melalui apel pagi di SMK Negeri 2 Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, serta dokumen dan arsip. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian: 1) Strategi apel pagi yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Sukoharjo dengan cara: a) Pembiasaan; b) Terstruktur dengan jadwal guru pembina maupun guru piket; c) Ada presensinya, pemeriksaan dan sanksi, serta melibatkan semua siswa maupun organisasi sekolah. 2) Melalui strategi tersebut berdampak pada terbentuknya sikap baik siswa yang terwujud dari nilai religius, jujur, disiplin, gotong royong dan tanggungjawab. 3) Hambatan yang terjadi meliputi: a) Kedisiplinan yaitu adanya siswa yang terlambat karena rumah jauh dan bergantung transportasi umum b) Waktu selesainya apel pagi yang melewati jam 7 pagi c) Belum sesuainya materi apel pagi, harusnya tentang nasionalisme, tetapi dalam apel pagi juga disampaikan materi tentang hukum yaitu tertib dalam berlalu lintas dan kendaraan harus standar sesuai dengan aturan. 4) Solusi yang dilakukan meliputi: a) Pemberian sanksi kepada siswa yang terlambat; b) Pengefektifan waktu kegiatan apel pagi agar tidak melewati jam 7 pagi; c) Pemberian materi nasionalisme saat upacara di hari-hari nasional.

Kata Kunci:  Strategi, Pendidikan Karakter, Apel Pagi, Good Citizen

 

×
Penulis Utama : Urfan Ismail
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415061
Tahun : 2019
Judul : Strategi pendidikan karakter melalui apel pagi untuk membentuk good citizen di SMK Negeri 2 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Ppkn-K64150612-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, M.Si.
2. Dr. Triana Rejekiningsih S.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.