Penulis Utama : Purnomo Cahyo Aji
NIM / NIP : K6415043
×

Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui pelaksanaan internalisasi nilai empati sebagai upaya mencegah ujaran kebencian di kalangan siswa SMA BATIK 2 Surakarta dan 2) Mengetahui kendala dari pelaksanaan internalisasi nilai empati di SMA BATIK 2 Surakarta sebagai upaya mencegah ujaran kebencian dalam media sosial.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik model Miles dan Huberman yaitu 1) reduksi data, 2) display, 3) mengambil simpulan lalu diverifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan internalisasi nilai empati sebagai upaya mencegah ujaran kebencian dalam media sosial terintegrasi dengan pelaksanaan pembelajaran PPKn meliputi, metode pembelajaran ceramah perilaku ujaran kebencian, pendekatan pembelajaran dengan pendekatan nilai empati, strategi pembelajaran dengan strategi afektif dan strategi CTL, penilaian pembelajaran melalui pengamatan sikap, serta evaluasi pembelajaran berupa evaluasi internal, 2) Terdapat kendala, berupa kendala dari dalam yaitu berasal dari kemampuan tiap peserta didik yang berbeda, suasana pembelajaran kelas terkadang tidak kondusif, penjelasan ujaran kebencian di buku ajar masih minim, dan guru PPKn merasa sedikit kesulitan merumuskan indikator maupun tujuan pembelajaran dalam RPP agar sesuai dengan aspek-aspek empati. Kendala dari luar belum adanya program dari sekolah berupa sosialisasi terhadap peserta didiknya untuk menggunakan media sosial secara bijak agar terhindar dari tindakan ujaran kebencian. Saran yang dikemukakan pada penelitian ini berupa sekiranya pihak sekolah perlu menyelenggarakan sosialisasi terhadap peserta didiknya untuk menggunakan media sosial secara bijak mengingat perkembangan teknologi dan komunikasi di era modern kini semakin pesat.

Kata kunci: nilai, empati, ujaran kebencian.

 

×
Penulis Utama : Purnomo Cahyo Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415043
Tahun : 2019
Judul : Internalisasi nilai empati sebagai upaya mencegah ujaran kebencian dalam media sosial (studi pada pembelajaran Ppkn di SMA Batik 2 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Ppkn-K6415043-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Mochtarom., S.Ag., M.Si.
2. Dr. Winarno, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.