Penulis Utama : Adita Relatama Ariviana
NIM / NIP : F1117002
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh level pendidikan, gender dan pengalam kerja tenaga kerja terhadap pendapatan yang diperoleh berdasarkan status pekerjaan yang dimiliki. Pemilihan objek penelitian di Jawa Tengah karena adanya kesenjangan pendapatan yang dirasakan oleh masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif mengenai kondisi pendapatan tenaga kerja berdasarkan status kerja yang dimiliki dan mengenai pengaruh level pendidikan, gender dan pengalaman kerja terhadapat pendapatan formal dan informal. Dalam penelitian ini menggunakan dua persamaan untuk pendapatan formal dan informal. Variabel dependen menggunakan pendapatan formal maupun informal. Untuk variabel independen menggunakan variabel gender, pengalaman kerja dan level pendidikan, level pendidikan dibedakan menjadi SD, SMP, SMA/SMK, Diploma dan Universitas.
Hasil analisis menunjukkan bahwa level pendidikan di semua tingkat level, gender dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan tenaga kerja formal sesuai dengan teori human capital dalam persamaan pendapatan Mincerian 1974. Pada bidang informal level pendidikan di semua tingkat, gender dan pengalaman kerja tidak berpengaruh karena untuk memasuki dunia kerja bidang informal tidak membutuhkan persyaratan yang khusus.
 
Kata Kunci : Level pendidikan, Gender, Pengalaman kerja, Mincerian Model  

 

×
Penulis Utama : Adita Relatama Ariviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1117002
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Level Pendidikan, Gender dan Pengalaman Kerja terhadap Pendapatan Tenaga Kerja di Jawa Tengah Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Ekonomi Pembangunan-F1117002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tetuko Rawidyo Putro, SE, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.