Penulis Utama : Lidia Pambudi Setiawati
NIM / NIP : X5117026
×

Penelitian ini bertujuan ingin  mengetahui pengaruh metode drill  terhadap peningkatan keterampilan bermain musik angklung pada siswa kelas X SMALB Bhakti Luhur  Kota Madiun tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest.
Subyek penelitian seluruh siswa kelas X tunaganda SMALB di SLB Bhakti Luhur Kota Madiun sebanyak 3 anak. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Pengertian dari sampling jenuh menurut Sugiyono (2011:85) merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel.
Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon dengan cara membandingkan hasil tes unjuk kerja pre test dan post test. Penelitian menunjukkan rata-rata nilai antara pre test dan post test dari 62.33 menjadi 70,00. Peningkatan tersebut diukur berdasarkan uji statistik non parametrik dengan jenis analiss uji Wilcoxon menggunakan SPSS17. Hasil yang telah diperoleh yaitu Zhitung= -3,140 dengan Asymp. Sig. (2-tailed) 0.002. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih rendah dibandingkan taraf signifikasi yang diterapkan yaitu 0,05. Hasil data nilai pre test dan post test memiliki perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan keterampilan bermain musik angklung pada anak tuna ganda kelas X SMALBdi SLB Bhakti Luhur tahun ajaran 2019/2020.

Kata kunci: tuna ganda, metode drill, keterampilan bermain musik angklung

 

×
Penulis Utama : Lidia Pambudi Setiawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117026
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Bermain Musik Angklung pada Siswa Kelas X SMALB Bhakti Luhur Kota Madiun Tahun Ajaran 2019/2020.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus KG Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Khusus-X5117026-2020
Kata Kunci : tuna ganda, metode drill, keterampilan bermain musik angklung
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Priyono, S.Pd, M.Si,
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi, M.A
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.