Penulis Utama : Dedek Adie Saputro
NIM / NIP : K5412083
×

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui:  (1)  perbedaan  yang sigifikan hasil belajar Geografi antara penggunaan metode Numbered Heads Together, Group Investigation dan Ceramah pada kompetensi dasar “Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan” peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali, (2) perbedaan yang signifikan hasil belajar Geografi antara penggunaan metode Numbered Heads Togetherdengan metode Ceramah,(3) perbedaan yang sigifikan hasil belajar Geografi antara penggunaan metode Group Investigation dengan metode Ceramah, (4) perbedaan  yang sigifikan  hasil  belajar Geografi  antara penggunaan  metode Numbered Heads Together dengan metode GroupInvestigation.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian  eksperimen semu dengan desain penelitian “Posttest Only Control Group Design”.Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016. Sampel yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3.Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk soal esai. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Satu Jalan (One Way Anava) dan uji pasca anava (Metode Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads   Together,   metode   Group Investigation, dan metode Ceramahdengan perbandingan rerata nilaihasil belajar 94,65; 91,51; 86,29, dengan demikian metode Numbered Heads Together dan metode Group Investigation lebih efektif daripada metode Ceramah. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antaramenggunakan   metode   Numbered   Heads   Togetherdanmetode   Ceramah dengan perbandingan rerata nilai hasil belajar 94,65; 86,29, dengan demikian metode Numbered Heads Together lebih efektif daripada metode Ceramah. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara menggunakan metode Group Investigation dan metode Ceramah dengan perbandingan rerata nilai hasil belajar 91,51; 86,29, dengan demikian metode Group Investigation lebih efektif daripada metode  Ceramah.  (4) Terdapat  perbedaan  hasil  belajar  peserta didik yang signifikan antara menggunakan metode Numbered Heads Together dan metode Group Investigation dengan perbandingan rerata nilai hasil belajar 94,65; 91,51, dengan demikian metode Numbered Heads Together lebih efektif daripada metode Group Investigation.

Kata KIunci : Numbered Heads Together, Group Investigation, Hasil Belajar

×
Penulis Utama : Dedek Adie Saputro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412083
Tahun : 2017
Judul : Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Heads Together, Group Investigation,dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016 (Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Kaitannya dengan Pembangunan Berkelanjutan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K5412083-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Subandriyo, M.Pd.
2. Rahning Utomowati, S.Si, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.