Penulis Utama : Tiffani Nisitatara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414055
Tahun : 2017
Judul : Strategi pemasaran Museum Radya Pustaka sebagai tujuan wisata di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu dan Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu dan Budaya Prog. D III Usaha Perjalanan Wisata-C9414055-2017
Subyek : CAGAR BUDAYA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Museum Radya Pustaka Kota Surakarta, Museum tertua di Indonesia dan sebagai Bangunan Cagar Budaya, didirikan pada tanggal 28 Oktober 1890 oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningratan IV. Terletak di Jl. Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Laweyan, Surakarta 57141. Museum Radya Pustaka menjadi salah satu tujuan wisata di Kota Surakarta
Penulisan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi ke lokasi Museum Radya Pustaka. Menggunakan metode wawancara dengan mewawancarai Kepala UPT Museum Dinas Kebudayaan Kota Surakarta, tenaga kerja teknis permuseuman, teknis informasi Museum Radya Pustaka, dan wisatawan. Menggunakan metode studi dokumen dan studi pustaka.
Hasil penelitian ini adalah dapat mengetahui usaha yang dilakukan pengelola dalam memprosikan Museum Radya Pustaka dengan menggunakan pembauran pemasaran 4P (Product, Price, Promotion, and Place) dan menggunakan Sapta Pesona untuk memperlihatkan kepada pengunjung bahwa karyawan di Museum Radya Pustaka Kota Surakarta menerapakan senyum, sapa, sejuk, aman, nyaman, tertib, dan kenangan salah satu cara memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan, serta menyelengarakan event adalah salah satu wadah untuk kegiatan usaha pemasaran dan promosi Museum Radya Pustaka agar menarik pengunjung untuk kembali mengunjungi Museum Radya Pustaka, mengetahui kendala dalam memasarkan Museum Radya Pustaka, dan mengetahui solusi yang diterapkan dalam memasarkan Museum Radya Pustaka.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Pemasaran berperan penting dalam pengelolaan Museum Radya Pustaka agar museum dapat dikenal oleh masyarakat serta dapat meningkatkan jumlah pengunjung di Museum Radya Pustaka Kota Surakarta.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supariadi, M.Hum.
2. Tiwuk Kusuma Hastuti, S.S., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya