Penulis Utama : Yunita Novasari
NIM / NIP : K7413185
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh student centered learning terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa dan mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan student centered learning dengan kelas kontrol yang menggunakan pendekatan konvensional (teacher centered learning).

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Sukoharjo. Sampel yang terpilih adalah keas XI IIS 3 dan kelas XI IIS 4. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Kelas XI IIS 3 dengan jumlah 33 siswa diberikan treatment dengan pendekatan student centered learning  model  pembelajaran  discovery  learning  dan  kelas  XI  IIS  4  dengan jumlah  29  siswa  diberikan  pembelajaran   dengan  pendekatan  konvensional (teacher centered learning). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah uji paired t-test dan uji beda (independent samples t-test) dengan taraf signifikansi sebesar 5%.

Pada uji paired t-test hasil belajar kognitif menunjukkan signifikansi 0,000, hasil belajar psikomotor 0,000 dan hasil belajar afektif dengan signifikansi 0,000. Semua hasil signifikansi menunjukkan angka <0>

Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa yang menggunakan pendekatan student centered learning dan terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi antara kelas yang menggunakan pendekatan student centered learning dengan kelas yang menggunakan pendekatan konvensional (teacher centered learning).

Kata Kunci : student centered learning, hasil belajar, ekonomi

×
Penulis Utama : Yunita Novasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413185
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Student Centered Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7413185-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M.Si.
2. Leny Noviani, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.