Penulis Utama : Rukmana Adiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117018
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas penggunaan media flash carduntuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy kelas II SLB-D1 YPAC Surakarta tahun ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Khusus-X5117018-2020
Subyek : FLASH CARD, MEMBACA PERMULAAN, CEREBRAL PALSY
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui efektivitas penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy kelas II di SLB-D1 YPAC Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian yaitu siswa cerebral palsy kelas II yang berjumlah 3 siswa, 2 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki, di SLB-D1 YPAC Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan persentase dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dijelaskan bahwa nilai awal kemampuan membaca rata-rata kelas 55,0 dengan persentase ketuntasan belajar 0%, artinya tidak ada yang mencapai nilai KKM. Pada siklus I rata-rata kelas 68,0 dengan persentase ketuntasan belajar 66,7%, dan siklus II rata-rata kelas 71,7 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media flash card efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy kelas II SLB-D1 YPAC Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Kata kunci : Flash Card, Membaca Permulaan, Cerebral Palsy

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
RUKMANA ADIYATI.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Herry Widyastono, M.Pd.,
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi., M.A.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP