Penulis Utama : Rukmana Adiyati
NIM / NIP : X5117018
×

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui efektivitas penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy kelas II di SLB-D1 YPAC Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian yaitu siswa cerebral palsy kelas II yang berjumlah 3 siswa, 2 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki, di SLB-D1 YPAC Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan persentase dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil pengolahan data dapat dijelaskan bahwa nilai awal kemampuan membaca rata-rata kelas 55,0 dengan persentase ketuntasan belajar 0%, artinya tidak ada yang mencapai nilai KKM. Pada siklus I rata-rata kelas 68,0 dengan persentase ketuntasan belajar 66,7%, dan siklus II rata-rata kelas 71,7 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media flash card efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak cerebral palsy kelas II SLB-D1 YPAC Surakarta tahun ajaran 2019/2020.
Kata kunci : Flash Card, Membaca Permulaan, Cerebral Palsy

 

×
Penulis Utama : Rukmana Adiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117018
Tahun : 2020
Judul : Efektivitas Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Cerebral Palsy Kelas II SLB-D1 YPAC Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus KG Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Khusus-X5117018-2020
Kata Kunci : Flash Card, Membaca Permulaan, Cerebral Palsy
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Herry Widyastono, M.Pd.,
2. Mahardika Supratiwi, S.Psi., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.