Penulis Utama : Suriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117022
Tahun : 2020
Judul : Penerapan metode cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak tunagrahita kelas III di SLB Panca Bhakti Magetan tahun ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Khusus-X5117022-2020
Subyek : METODE CERITA BERGAMBAR, KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK TUNAGRAHITA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui penerapan metode cerita bergambar pada anak tunagrahita kelas III di SLB Panca Bhakti Magetan Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas III SLB Panca Bhaki Magetan yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, tes dan observasi. Teknik analisa data yaitu analisis deskripsi komparatif dan membandingkan nilai awal pada pra tindakan dan pada tiap siklus.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berbahasa siswa kelas III pada pra tindakan 55. Siklus I terjadi peningkatan nilai hasil belajar menjadi 65. Siklus II nilai hasil belajar siswa 75. Guru memberikan pembelajaran menerapkan metode cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswa dalam hal ketepatan ucapan kata. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dalam hal ketepatan ucapan kata siswa kelas III SLB Panca Bhakti Magetan Tahun Pelajaran 2019/2020.
Kata kunci: Metode cerita bergambar, Kemampuan berbahasa Anak Tunagrahita

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SUPRIYANTO.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si,
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd., M.Pd,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP