Penulis Utama : Azizah Muthi Nuryatmawati
NIM / NIP : K8114001
×

ABSTRACK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 3-6 tahun. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan jenis true eksperiment dan desain pretest-posttes control group. Populasi dan sampel dalam penelitian yaitu anak usia 5-6 tahun TK ABA Thoyibah Banyuanyar dengan jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 51 anak. 

Teknik pengumpulan data melalui tes. Validitas instrumen menggunakan pendapat dari jurnal internasional. Reliabilitas instrumen diuji menggunakan rumus alpha yang dibantu dengan aplikasi SPSS 20 for windows. Analisis data menggunakan uji prasarat dan uji hipotesis. Uji prasarat berupa uji normalitas menggunakan rumus shapiro wilk dengan taraf signifikansi  > 0,05 dan uji homogenitas menggunakan levene test for equality variance dengan tingkat signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil uji hipotesis pada data posttest yaitu 0,682. 
Hasil analisis menunjukkan pendekatan scientific efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah anak usia 3-6 tahun. Anak-anak  mampu memberikan solusi terhadap masalah yang anak temua, mengerti sebab akibat masalah terjadi seperti contoh setelah diberikan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific.


Kata kunci: pendekatan scientific, pemecahan masalah, anak usia 3-6 tahun.

 

×
Penulis Utama : Azizah Muthi Nuryatmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114001
Tahun : 2019
Judul : Efektifitas Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 3-6 Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Penfifikan Guru Anak Usia Dini-K8114001-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Munif Syamsudin, S.PdI, M.A.
2. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.