Penulis Utama : Hernanda Rizqon Nurhuda
NIM / NIP : B0515014
×

ABSTRACK

Penelitian ini membahas tentang tradisi berdagang orang-orang keturunan Arab Hadramaut di Pasar Kliwon Surakarta pada abad ke 21. Berdagang merupakan kegiatan yang sudah mengakar dalam diri orang-orang Hadramaut sehingga tumbuh dan berkembang menjadi tradisi dalam kehidupan mereka yang berkesinambungan dari masa lalu, masa kini, hingga masa yang akan datang. Tradisi berdagang yang mereka lakukan berlaku turun temurun dengan rintisan dari kakek dan nenek hingga diwarisi oleh cucu cicit mereka. Proses yang mereka jalankan tentu tidak mudah hingga usaha yang semestinya bisa mengalami penurunan bahkan bisa hancur pada kenyataannya bisa bertahan sampai sekarang. Banyak halangan yang tentu tidak mudah dihadapi mereka. Oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimana proses perkembangan tradisi dagang yang mereka lakukan hingga tetap sustain dan terus berkembang hingga sekarang.

Fenomena yang terjadi pada masayarakat Arab Pasar Kliwon ini diteliti secara ilmiah menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendapatkan jawaban yang pasti dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademis. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan, penelaahan dokumen, dan juga wawancara terhadap pelaku yang bersangkutan dalam hal ini adalah para pedagang yang merupakan orang-orang Arab di Pasar Kliwon.

Melalui analisis yang dilakukan terhadap sumber-sumber yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa tradisi berdagang masyarakat keturunan Hadramaut ini dilakukan secara mengakar dari tanah kelahirannya dan dibawa hingga ke tanah rantau yang mereka diami atau secara turun-temurun. Etos kerja dan prinsip bisnis yang mereka genggam berupa modal sosial dan juga ihsan, itqan, hemat, jujur, dan juga adil terhadap pegawai dan juga pelangganya yang mampu membangun sustainabilitas bisnis mereka sehingga mampu bersaing, bertahan, dan bahkan unggul hingga saat ini.

Kata Kunci: Tradisi berdagang, Arab Hadramaut, Pasar Kliwon, Sustain, Etos kerja, Modal Sosial

 

×
Penulis Utama : Hernanda Rizqon Nurhuda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0515014
Tahun : 2019
Judul : Tradisi Berdagang Masyarakat Keturunan Hadramaut di Pasar Kliwon Surakarta Abad Ke-21
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Budaya-Prodi Sastra Arab-B0515014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suryo Ediyono, M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.