Penulis Utama : Margareta Enik Iswanti
NIM / NIP : S231608020
×

Budaya Inovasi dalam organisasi menjadi bagian penting dalam pertumbuhan dan keberlangsungan organisasi. Implementasi budaya inovasi dapat dipengaruhi oleh faktor iklim komunikasi yang menjadi dasar relasi dalam organisasi. Komunikasi yang kondusif akan menciptakan iklim komunikasi yang baik yang pada akhirnya mampu memberikan kontribusi positif berupa sinergi dan kerja sama yang solid antara anggota organisasi. Kepemimpinan yang menghargai komunikasi dengan mau menerima ide-ide kreatif akan mendukung terciptanya lingkungan organisasi yang kondusif danemployee innovativeness merupakan sarana penciptaan organisasi yang efektif yang berpengaruh untuk menumbuhkan kesadaran dan keterlibatan dalam dalam budaya inovasi. 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklim komunikasi, kepemimpinan dan employee innovativeness terhadap budaya inovasi dengan menggunakan pendekatan teori descriptive theory dari variabel yang diteliti.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskiptif teori antara beberapa teori yang ada dan saling mempengaruhi variabel yang diteliti. 
Penelitian ini dilakukan pada di PT. Federal International Finance Member Astra International atau FIFGROUP di DIY pada periode Agustus 2017 sampai Februari 2018.Penelitian deskriptif ini menggunakan metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisoner tertutup proportionate stratified random sampling dari karyawan level jabatan Supervisor, Section Head sampai Kepala Cabangsebanyak 192orang. 
Kebaruan pada penelitian sebelumnya sebelumnya meneliti pengaruh terhadap kinerja anggota organisasi, sedangkan dalam penelitian ini pengaruh terhadap budaya inovasi yang secara ruang lingkup lebih luas.
Hasil penelitian mengatakan adanya kesesuaian dengan teori Iklim Komunikasi, Kepemimpinan, Employee Innovativeness terhadap Budaya Inovasi dengan hasil analisa regresi linear sederhana dariiklim komunikasi sebesar 32.1%, kepemimpinan sebesar 46.4% dan employee innovativenesssebesar 55.4% pengaruh terhadap budaya inovasi. Dengan kesimpulan hasil regresi ganda menunjukkan adanya pengaruh iklim komunikasi, kepemimpinan dan employee innovativeness terhadap Budaya Inovasi dengan koefisien determinasi sebesar 0.76. Nilai R Square sebesar 0.579, nilai ini berarti sumbangan pengaruh variabel Iklim Komunikasi, Kepemimpinan, employee innovativeness terhadap Budaya Inovasi sebesar 57.2% sedangkan sisanya 42.8% dipengaruhi oleh variabel lain selain ketiga faktor tersebut yang belum diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Iklim Komunikasi, Kepemimpian, Motivasi Karyawan, Budaya Inovasi

×
Penulis Utama : Margareta Enik Iswanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231608020
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Iklim Komunikasi, Kepemimpinan dan Employeeinnovativeness terhadap Budaya Inovasi (Studi di FifGroup DIY)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Komunikasi-S231608020-2017
Kata Kunci : Iklim Komunikasi, Kepemimpian, Motivasi Karyawan, Budaya Inovasi
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Widodo Muktiyo. Ph.D.
2. Dr. Andre Rahmanto S.Sos, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.