Penulis Utama : Aprilia Andita Sari
NIM / NIP : K6412007
×


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Aksesibilitas petani terhadap hak untuk hidup sejahtera pada kelompok petani sayur Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali; (2) faktor-faktor penghambat aksesibilitas petani terhadap hak untuk hidup sejahtera pada kelompok petani sayur Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali; (3) solusi peningkatan aksesibilitas petani terhadap hak untuk hidup sejahtera pada kelompok petani sayur Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data yang digunakan adalah teknik  trianggulasi  data  dan  trianggulasi  metode.  Analisi  data  yang  digunakan adalah model analisis interaktif, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Aksesibilitas petani terhadap hak untuk hidup sejahtera pada kelompok petani sayur Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali masih memiliki hambatan; (2) Faktor-faktor penghambat aksesibilitas petani terhadap hak untuk hidup sejahtera pada kelompok petani sayur Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), tradisi dan keaktifan kelompok tani; (3) solusi peningkatan aksesibilitas petani terhadap hak untuk hidup sejahtera pada kelompok petani sayur Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali yaitu melalui bantuan berupa sarana dan prasarana melalui alat-alat pertanian dan penyuluhan terhadap petani, kontrol terhadap pengeluaran pelaksaan tradisi tersebut yang perlu diperhatikan, bimbingan dari Dinas Pertanian maupun pemerintah secara merata kepada kelompok tani.

 

Kata Kunci : Aksesibilitas, Petani, Hak hidup sejahtera

 

×
Penulis Utama : Aprilia Andita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412007
Tahun : 2016
Judul : Aksesibilitas Petani terhadap Hak untuk Hidup Sejahtera pada Kelompok Petani Sayur Desa Senden Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6412007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hassan Suryono, S.H, M.H, M.Pd
2. Erna Yuliandari, SH., MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.