Penulis Utama : Assaba’i Nizar Urwani
NIM / NIP : K4313019
×

ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi pada pembelajaran biologi di kelas X IPA 1, mengetahui keterampilan komunikasi pada pembelajaran biologi di kelas XI IPA 1, dan mengetahui hambatan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran biologi.
Penelitian  yang dilakukan  merupakan  penelitian  observasi  kelas (classroom observation). Observasi dilakukan di dua kelas, yaitu kelas X IPA 1 dan kelas XI IPA 1. Observasi dilakukan selama 5 kali observasi pada masing- masing kelas. Observasi dilakukan dari tanggal 22 Februari 2017 sampai 10 Mei
2017. Observasi dilakukan dengan cara mencatat seluruh komunikasi antara siswa dan  guru selama proses  pembelajaran biologi.  Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan XI IPA 1 MAN 2 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 pada semester genap. Teknik pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling berdasarkan pertimbangan dari guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan matriks kategori VICS Flanders.
Hasil penelitian menunjukkan komunikasi scientific selama observasi di kelas X IPA 1 dan XI IPA 1 adalah komunikasi yang seimbang atau komunikasi dua arah. Persentase komunikasi yang seimbang di kelas X IPA 1 adalah 50,26%, sedangkan  persentase  komunikasi  yang  seimbang  di  kelas  XI  IPA  1  adalah
43,08%. Hambatan komunikasi scientific siswa, yaitu hambatan psikologis, fisik, semantik, dan proses. Hambatan psikologis meliputi rasa takut, malu, grogi, dan kurang percaya diri. Hambatan fisik meliputi keramaian yang mengganggu konsentrasi belajar siswa dan suara guru atau tulisan yang kurang jelas dari posisi tempat duduk belakang. Hambatan semantik meliputi kurangnya penguasaan bahasa latin dalam biologi dan penggunaan bahasa yang tidak baku ketika berkomunikasi.   Hambatan   proses   berupa   kurangnya  pemahaman  isi   pesan sehingga terjadi kegagalan pemahaman konsep.

Kata kunci: classroom observation, dominasi komunikasi, komunikasi scientific,
VICS flanders, hambatan komunikasi.

 

×
Penulis Utama : Assaba’i Nizar Urwani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313019
Tahun : 2016
Judul : Analisis Keterampilan Komunikasi pada Pembelajaran Biologi SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Biologi - K4313019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Murni Ramli, S.P., M.Si.,Ed.D.,
2. Joko Ariyanto, S.Si., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.