Penulis Utama : Muklis Eko Apriyanto
NIM / NIP : K3512045
×

ABSTRAK


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  aplikasi  Tryout  Ujian
Nasional   berbasis   Android   Teori   Kejuruan   SMK   Jurusan   TKJ   disertai rekomendasi hasil belajar dan mengetahui kelayakan aplikasi tersebut yang didasarkan penilaian oleh ahli media dan siswa SMK jurusan TKJ.
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  dan  pengembangan  (R&D)  yang
diadaptasi dari metode pengembangan perangkat lunak Waterfall. Metode Waterfall  dilakukan  melalui  5  tahapan  yaitu:    (1)  Analisis  kebutuhan  baik software, hardware dan fungsional; (2) Desain aplikasi yaitu tahap perancangan aplikasi   yangberfokus   pada   pemrosesan   data.   Tahap   ini   dimulai   dengan pembuatan Use case Diagram, DFD (Data Flow Diagram), ERD (Entity Relationship Diagram), Desain Tabel dan Relasinya, dan yang terakhir adalah pembuatan Desain Tampilan Aplikasi; (3) Implementasi dan pengujian unit merupakan tahapan pembuatan aplikasi yang  dilakukan sesuai dengan dessain yang telah dibuat pada tahapan sebelumnya; (4) Integrasi dan pengujian tahapan ini dilakukan pengintegrasian sisten untuk kemudian diujikan secara menyeluruh;(5) operation and maintenance. karena keterbatasan hanya dilaksanakan sampai pada tahapan keempat.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kelayakan aplikasi yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian yang diperoleh dari ahli media dan siswa sebagai  pengguna  akhir.  Hasil  penilaian  dari  ahli  media  sebesar  4,37  untuk aplikasi front-end berbasis android dan sebesar 4,42 untuk aplikasi back-end berbasis web, sedangkan penilaian dari siswa sebesar 4,53. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi Tryout Ujian Nasional Teori Kejuruan SMK Jurusan TKJ disertai rekomendasi hasil belajar berbasis Android layak digunakan. Keunggulan aplikasi ini antara lain: aplikasi dijalankan pada perangkat mobile, nomor soal yang diacak sehingga menampilkan soal yang berbeda, aplikasi memberikan rekomendasi kepada pengguna.
Kata Kunci :tryout, ujian nasional, android, Intel XDK, SMK TKJ

 

×
Penulis Utama : Muklis Eko Apriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512045
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Aplikasi Try Out Ujian Nasional Teori Kejuruan SMK TKJ Disertai Rekomendasi Hasil Belajar Berbasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - K1510024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Maryono, S.Si, M.Kom.
2. Rosihan Ari Yuana, S.Si, M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.