Penulis Utama : Nurul Hudha
NIM / NIP : K2310071
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui ada tidak adanya miskonsepsi pada materi Hukum Gravitasi Newton pada buku ajar Fisika untuk SMA Kelas XI oleh Marthen Kanginan yang diterbitkan oleh Erlangga tahun 2006, buku ajar Sains Fisika 2SMA/MA oleh Hari Subagya dan Agus Taranggono yang diterbitkan oleh Bumi Aksara dan buku ajar Physics Bringing Science to Your Life SMA/MA oleh Zaki Su’ud penerbit Bailmu tahun 2011 serta mengidentifikasi indikasi lainnya yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi dalam materi Hukum Gravitasi Newton.
Penelitian penyusunan instrumen penilaian menggunakan pendekatan kualitatif. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah pembenaran dari miskonsepsi yang ada pada buku ajar yang diteliti. Penelitian ini melalui 4 tahapan yaitu: (1) tahap pengumpulan data, (2) tahap reduksi data, (3) tahap penyajian data, dan (4) tahap penarikan kesimpulan.  Sumber data pada penelitian ini terdiri dari  ahli pada materi Hukum Gravitasi Newton, buku  sebagai studi pustaka penelitian dan 3 buah buku ajar  sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi teknik penelitian analisis miskonsepsi.
Simpulan dari penelitian penyusunan ini adalah: persentase miskonsepsi konsep Hukum Gravitasi Newton dalam buku ajar pada buku pertama adalah 0%, buku kedua 0%, dan buku ketiga adalah 0%. Indikasi lain yang berpotensi menimbulkan miskonsepsi, dalam buku ajar pertama terdapat 4 buah yang terdiri dari: 1 konsep tidak lengkap, 1 penulisan notasi perlu perbaikan, 1langkah perhitungan perlu perbaikan, dan 1 penulisan satuan perlu perbaikan. Dalam buku ajar kedua terdapat 3 indikasi lain yang dapat menimbulkan miskonsepsi yang terdiri dari: 2 penulisan notasi perlu perbaikan, dan 1 gambar perlu perbaikan. Dalam buku ajar ketiga terdapat 3 indikasi lain yang dapat menimbulkan miskonsepsi yang terdiri dari:  2 penulisan notasi perlu perbaikan, dan 1 gambar perlu perbaikan.

Kata kunci: KTSP, miskonsepsi, Hukum Gravitasi Newton

 

 

×
Penulis Utama : Nurul Hudha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2310071
Tahun : 2017
Judul : Analisis Miskonsepsi Materi Hukum Gravitasi Newton pada Buku Ajar Fisika SMA Kelas XI Semester Gasal Kurikulum KTSP
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Fisika - K2310071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto,S.Pd., M.Si.
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.