Penulis Utama : Irma Risqi Fauzi
NIM / NIP : K2313032
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan Tahun Ajaran 2016/2017 dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta sebanyak 38 siswa. Data diperoleh melalui tes, observasi, serta kajian dokumen.
Teknik validasi data yang digunakan dalam penelitian ini untuk menguji keabsahan data kemampuan kognitif Fisika siswa diperoleh dari tes tertulis. Teknik tes sebagai syarat ukur dimaksudkan untuk mengukur seberapa jauh hasil yang diperoleh siswa setelah kegiatan pemberian tindakan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif didukung data kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dalam tiga komponen yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta pada materi Momentum, Impuls dan Tumbukan dengan KKM sebesar 75. Hal ini ditandai dengan hasil kemampuan kognitif Fisika siswa pada Pra Siklus menunjukkan ketuntasan sebesar 13,16 % mengalami peningkatan menjadi 47,37 % pada Siklus I dan 78,95 % pada Siklus II.
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Problem Based Instruction, Momentum, Impuls dan Tumbukan

 

×
Penulis Utama : Irma Risqi Fauzi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313032
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas XI MIPA 2 SMA Batik 2 Surakarta pada Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Fisika - K2313032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Radiyono, M.Pd.
2. Drs. Surantoro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.