Penulis Utama : Imas Dhamar Seno Aji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213032
Tahun : 2019
Judul : Proses pembelajaran seni lukis dengan teknik ebru pada program ekstrakurikuler seni rupa di SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Seni Rupa-K3213032-2019
Subyek : PEMBELAJARAN, EKSTRAKURIKULER, SENI LUKIS DENGAN TEKNIK EBRU
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaranlukis dengan teknik ebru pada kegiatan Ekstrakurikuler seni rupa di SMA Negeri 3 Boyolali. (2) bentuk visualisai karya lukis dengan teknik ebruyang dihasilkan siswa di SMA Negeri 3 Boyolali.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu Subandiyo, selaku guru ekstrakurikuler seni rupa SMA Negeri 3 Boyolali dan siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 3 Boyolali, peristiwa dan tempat penelitian di SMA Negeri 03 Boyolali serta foto, hasil karya, dan  dokumen  arsip.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan  observasi langsung, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan   review informant. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir.
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  pembelajaran  ekstrakurikuler seni rupa materi seni lukis dengan teknik ebru dilaksanakan empat kali pertemuan dengan alokasi waktu 2 x 60 menit dalam satu semester. Pada pelaksanan pembelajaran guru menerapkan komponen pembelajaran yaitu tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi dalam pelaksanaannya. (2) hasil karya seni lukis dengan teknik ebru siswa ekstrakurikuler seni rupa dikerjakan pada media datar, datar bervolume, dan bergelombang yang secara umum mampu mengolah unsur visual  dan  menerapkan  prinsip  visual.  Proses  pembuatan  karya  lukis  dengan teknik ebru  yang dilakukan siswa melalui tahap demi tahap,  yaitu  mendasari media,  mencetak  ebru,  merespon  karya  ebru,  melapisi  karya  dengan  clear semprot.


Kata Kunci : pembelajaran, ekstrakurikuler, seni lukis dengan teknik ebru

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB II.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd.,M.Sn.
2. Ning Yuliastuti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP