Penulis Utama : Jamil Aulia
NIM / NIP : B0515019
×

ABSTRAK,


Penelitian ini membahas tentang penanda dan fungsi tindak tutur imperatif dalam drama  a’s-Sulthan al-Cha'ir karya Taufiq Al-Chakim tahun 1960. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penanda tindak tutur imperatif dan menjelaskan fungsi yang terkandung di tindak tutur imperatif dalam drama a’s-Sulthan al-Cha'ir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan catat. Metode yang digunakan dalam menganalisis data pada penelitian ini adalah metode agih dengan teknik bagi unsur langsung dan metode padan pragmatis. Obyek penelitian adalah tindak tutur imperatif dengan sumber data dari teks drama a’s-Sulthan al-Cha'ir karya Taufiq Al-Chakim. Data yang digunakan berupa klausa atau kalimat yang mengandung tindak tutur imperatif.

Berdasarkan analisis 208 data yang memuat 220 kalimat, hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) tindak tutur imperatif dalam drama a’s-Sulthan al-Cha'ir karya Taufiq Al-Chakim diwujudkan dengan penanda baku dan tidak baku, dengan jumlah penanda baku lebih banyak dibandingkan penanda tidak baku. Penanda baku direalisasikan dengan penanda fi’l al-amr sejumlah 186 kata, ism fi’l al-amr sejumlah 41 kata (jenis terulang), mashdar yang mewakili fi’l al-amr sejumlah 25 kata, dan fi’l al-mudhari’ yang dilekati partikel lam al-amr sejumlah 16 kata. Penanda tidak baku direalisasikan dengan kalimat deklaratif atau kalam al-khabar sejumlah 7 kalimat dan kalimat interogratif atau istifham sejumlah 4 kalimat. (2) tindak tutur imperatif dalam drama a’s-Sulthan al-Cha'ir karya Taufiq Al-Chakim memiliki berbagai fungsi antara lain keharusan  sejumlah 100 kalimat, fungsi mengajak atau menawarkan sejumlah 60 kalimat, fungsi doa atau permohonan sejumlah 34 kalimat, fungsi petunjuk sejumlah 14 kalimat, fungsi ancaman sejumlah 7 kalimat, fungsi melemahkan sejumlah 2 kalimat, fungsi pembolehan sejumlah 2 kalimat, dan fungsi pemilihan sejumlah 1 kalimat.
Kata Kunci: Pragmatik, Tindak Tutur, Imperatif, Teks a’s-Sulthan al-Cha'ir, Taufiq al-Chakim.

×
Penulis Utama : Jamil Aulia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0515019
Tahun : 2019
Judul : Tindak Tutur Imperatif (Kalam Al-Amr) dalam Teks Drama A’s-Sulthan Al-Cha'ir Karya Taufiq Al-Chakim (Analisis Pragmatik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Budaya-Prodi Sastra Arab-B0515019-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ustadz Arifuddin, Lc., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.