Penulis Utama : Muhammad Iqbal Rauzanfikr
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213040
Tahun : 2019
Judul : Pembelajaran batik tulis di CV. Batik Mahkota Laweyan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Seni Rupa-K3213040-2019
Subyek : PROSES PEMBELAJARAN, HASIL KARYA, BATIK TULIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan hasil karya pembelajaran dari pelatihan batik tulis yang dilaksanakan di CV.Batik Mahkota Laweyan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal terpancang. Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) informan, (2) tempat dan peristiwa, dan (3) dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen.  Teknik  validitas data  menggunakan triangulasi dan reviu  informan. Teknik analisis data dengan analisis mengalir (flow model of analysis).

Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam proses pembelajarannya apabila ditinjau dari: (a) tujuan pembelajarannya adalah, untuk melestarikan, mengembangkan, serta mengenalkan proses membatik tulis selain itu  apabila dilihat  dari sudut  pandang  pemasaran  juga sebagai usaha  menarik perhatian secara lebih baik serta membuka peluang pemasukan profit perusahaan. (b) materi pembelajarannya, dibagi menjadi 2 yaitu materi pembuka dan materi pelatihan. (c) metode pembelajarannya menggunakan metode demonstrasi, ceramah, dan latihan. (d) media pembelajarannya adalah peta kawasan industri dan cagar budaya Laweyan, wayang beber, serta alat peraga. (e) evaluasi pembelajaran dilakukan melalui 2 kegiatan yaitu evaluasi yang dilakukan oleh instruktur dan evaluasi yang dilakukan oleh peserta didik

(2) Sedangkan untuk kesimpulan hasil karya ditinjau dari: (a) desain motif yang digunakan, secara keseluruhan peserta yang mengikuti program pelatihan membatik sudah mampu mengembangkan motif secara spontan. (b) garis atau goresan   canting,   dalam   menjaga   kestabilan   menggoreskan   malam   atau mencanting diperlukan ketelatenan dan kebiasaan. (c) komposisi warna, dalam program pembelajaran pelatihan batik yang dilakukan secara keseluruhan peserta didik mampu mengaplikasikan teknik menggradasi antar warna, penguasaan gelap terang, dan pengimbangan penggunaan warna panas dan warna dingin.

Kata kunci: proses pembelajaran, hasil karya, batik tulis

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB V.pdf
BAB IV.pdf
BAB III.pdf
BAB II.pdf
BAB I.pdf
COVER.pdf
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M. Pd.
2. Dra. MY Ning Yuliastuti
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP