Penulis Utama : Muhammad Ghozy Qoshidul Haq
NIM / NIP : B0515029
×

ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji teknik  penerjemahan yang  diterapkan  dalam  menerjemahkan kitab “Washaya Al-Aba’ lil Abna” (WALAA) serta akurasi teknik pada kitab tersebut. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data berbentuk kata, frasa, dan kalimat dalam buku Kitab WALAA karangan Syakir (1418) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul “Nasehat Orang Tua Kepada Anaknya” oleh Sunarto (2011).
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif. Adapun teknik penelitian data menggunakan teknik pengumpulan data, penyuplikan data, dan analisis data.

Berdasarkan analisis sebanyak 85 data, didapati bahwa: pertama, teknik penerjemahan yang diterapkan penerjemah, ditemukan sebanyak 15 dari 18 jenis teknik penerjemahan versi Molina Albir meliputi: teknik deskripsi (20 data), peminjaman (18 data), amplifikasi (9 data), kompresi linguistik (6 data), reduksi (5 data), kalke (4 data), partikularisasi (4 data), kesepadanan baku (3 data), generalisasi (3 data), adaptasi (3 data), literal (3 data), modulasi (3 data), amplifikasi linguistik (2 data), kreasi diskursif (1 data), dan transposisi (1 data).
Kedua, hasil penilaian akurasi terjemahan pada kitab ini meliputi tiga hal, yaitu akurat (68,2%), kurang akurat (30,5%), dan tidak akurat (1,1%). Adapun rerata akurasi terjemahan pada hasil teknik penerjemahan kitab WALAA ini memiliki skor 2,6. Skor ini termasuk dalam pembobotan 3 yang bermakna skor tinggi. Artinya, akurasi teknik penerjemahan dalam kitab WALAA ini adalah akurat.


Kata Kunci: Akurasi Penerjemahan, Teknik Penerjemahan, Kitab Washaya Al-Aba’ lil Abna’

 

×
Penulis Utama : Muhammad Ghozy Qoshidul Haq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0515029
Tahun : 2019
Judul : Akurasi dan Teknik Penerjemahan dalam Kitab Washaya Al-Aba’ Lil-Abna’ Karya Muhammad Syakir
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Budaya-Prodi Sastra Arab-B0515029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Yunus Anis, S.S. M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.