Penulis Utama : Diyah Ayu Ciptorogo
NIM / NIP : K5414017
×

Abstrak

Tujuan  yang  akan  di capai  dalam  penelitian  ini adalah  (1) mengetahui kualitas permukiman masyarakat relokasi di Bengawan Indah, Pucang Mojo dan Kedung Tungkul di Kelurahan Mojosongo, (2) mengetahui kualitas hidup masyarakat  relokasi di Bengawan Indah, Pucang Mojo dan Kedung Tungkul di Kelurahan Mojosongo, (3) mengetahui perbandingan kualitas permukiman dn kualitas hidup masyarakat relokasi di Bengawan Indah, Pucang Mojo dan /kedung Tungkul,  (4)  mengetahui  hubungan  antara  kualitas  permukiman  dan  kualitas hidup masyarakat relokasi di Kelurahan Mojosongo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Pucang Sawit yang terkena dampak relokasi dan telah dipindahkan ke desa Pucang Mojo, Kedung Tungkul dan Bengawan Indah di Mojosongo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling (SRS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,  wawancara,  interpretasi  citra dan dokumentasi.   Teknik analisis data menggunakan perhitungan skor untuk menentukan nilai kualitas permukiman dan kualitas hidup serta melakukan uji Chi Square yang dilanjutkan menguji koefisien kontingensi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil nilai kualitas permukiman masyarakat relokasi di Bengawan Indah adalah 134 dan nilai kualitas permukiman di Pucang Mojo adalah 127. Dari nilai tersebut maka Bengawan Indah dan Pucang Mojo   termasuk   pada   kelas   kualitas   permukiman   Sedang.   Sedangkan   Nilai Kualitas  Permukiman  Kedung  Tungkul  adalah  146 atau masuk  dalam kategori kelas kualitas permukiman Tinggi. (2) hasil nilai kualitas hidup masyarakat terdampak relokasi di Bengawan Indah adalah 296, Pucang Mojo 279 dan Kedung Tungkul   261,   sehingga   dapat   disimpulkan   bahwa   ketiga   blok   relokasi   di Mojosongo  terdapat dalam satu kelas yaitu kategori kelas kualitas hidup tinggi. (3) perbadingan nilai kualitas permukiman dan kualitas hidup masyarakat relokasi di Mojosongo didapatkan bahwa nilai kualitas permukiman reloksi di Bengawan Indah    didominasi  pada  kategori  kelas  sedang,  di  Pucang  Mojo  didominasi kategori kelas sangat rendah dan di Kedung Tungkul didominasi  kategori kelas tinggi.  (4) hubungan  nilai kualitas  permukiman  dan kualitas  hidup  masyarakat relokasi  di  Kelurahan  Mojosongo  adalah  saling  berhubungan  negatif  dengan derajad keeratan yang sedang dan nilai kontribusi kualitas permukiman terhadap kualitas hidup sebesar 29,7%.

 

Kata kunci : Relokasi, Kualitas Permukiman, Kualitas Hidup, Hubungan.

 

×
Penulis Utama : Diyah Ayu Ciptorogo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5414017
Tahun : 2019
Judul : Analisis kualitas permukiman dan kualitas hidup masyarakat terdampak relokasi di kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Geografi-K5414017-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si.
2. Dr. Pipit Wijayanti, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.