Penulis Utama : Siti Umi Kasanah
NIM / NIP : B0515039
×

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang: (1) Nilai Moral dalam Cerpen Daulah Al-Ashafir Karya Taufiq Al-Chakim dan (2) Perspektif Islam terhadap Nilai Moral dalam Cerpen Daulah Al-Ashafir Karya Taufiq Al-Chakim.

Sumber  data  penelitian  yaitu  Cerpen  Daulah  Al-Ashafir  (1953)  Karya
Taufiq Al-Chakim. Pemilihan objek tersebut karena adanya nilai moral yang dapat diambil dari cerpen tersebut, selain hal tersebut dalam cerpen ini mengandung satire atau sindiran terhadap sifat manusia yang tamak.


Data penelitian berupa kata, frasa, kalimat  atau paragraf dalam cerpen
Daulah Al-Ashafir Karya Taufiq Al-Chakim yang mengandung nilai moral.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara membaca dan memahami cerpen Daulah Al-Ashafir (1953) Karya
Taufiq Al-Chakim. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data dengan menggunakan teori strukturalisme Badr dan teori semiotika Roland Barthes. Berikutnya membuat simpulan dan mengevaluasi hasil analisis data.

Berdasarkan penelitian ini dihasilkan simpulan, (1) Terdapat 15 data nilai
moral yang terdapat dalam cerpen Daulah Al-Ashafir (1953) Karya Taufiq Al- Chakim. (2) Perspektif Islam terhadap nilai tersebut dibagi menjadi tiga, yakni Hubungan makhluk dengan Tuhan tercantum dalam QS. Adz-Dzariat 51: 56, dalam poin ini terdapat satu nilai moral yaitu bersyukur kepada Tuhan. Hubungan makhluk dengan makhluk lain tercantum dalam QS. Al-Hujur?t 49: 13, dalam poin ini terdapat dua nilai moral yaitu peduli terhadap sesama dan berterima kasih. Hubungan makhluk dengan diri sendiri tercantum dalam QS. An-Nahl 16: 78 QS. Al-Mu’minun 23: 12-14, dalam poin ini ditemukan 12 nilai moral, antara lain giat bekerja, memiliki sikap rendah hati, memiliki harga diri, memiliki rasa ingin tahu, bertanggung jawab, memiliki sikap optimistis, memiliki keberanian, memiliki kreativitas, menyesali kesalahan, bijaksana, berusaha, dan memiliki kejujuran.


Kata kunci: nilai moral, perspektif Islam, dan cerpen Daulah Al-Ashafir

 

×
Penulis Utama : Siti Umi Kasanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0515039
Tahun : 2019
Judul : Nilai Moral dalam Cerpen Daulah Al-‘Ashafir Karya Taufiq Al-Chakim dan Perspektif Islam Terhadap Nilai tersebut (Kajian Semiotika Roland Barthes)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Budaya-Prodi Sastra Arab-B0515039-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reza Sukma Nugraha, S.Hum., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.