Penulis Utama : Rizky Ayu Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212046
Tahun : 2019
Judul : Pembelajaran melukis di Sanggar Jenthik Kencana Banyudono Boyolali
Edisi :
Imprint : Sarakarta - F. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F.KIP, Jurusan Pendidikan Seni Rupa
Subyek : PELAKSANAAN PEMBELAJARAN, MELUKIS, SANGGAR JENTHIK KENCANA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Latar belakang didirikan sanggar Jenthik Kencana, (2) pelaksanaan pembelajaran melukis di sanggar Jenthik Kencana.

Berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti adalah latar belakang didirikan sanggar dan pelaksanaan pembelajaran. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa foto, arsip dan dokumen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan  adalah model analisis jalinan atau mengalir.

Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Latar belakang yang mendasari berdirinya sanggar Jenthik Kencana adalah atas dasar kepedulian untuk membantu proses menggambar pada anak-anak dan serta banyaknya permintaan orang tua yang menginginkan penyaluran bakat yang dimiliki anaknya. (2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sanggar Jenthik Kencana dilaksanakan secara tatap muka. Proses pembelajarannya lebih banyak “learning by doing” tetapi objek yang ditampilkan satu anak dengan anak yang lain hampir sama, karena pencontohan dari dasar selalu monoton dan terus berulang. Materi menggambar dan mewarnai yang diberikan dalam proses pembelajaran yaitu, pengetahuan alat dan bahan, tehnik menggambar dan mewarnai, mengenal garis dan warna, pemilihan tema yang diinginkan anak. Media yang digunakan adalah alat dan bahan yang dipergunakan untuk penunjang menggambar dan mewarnai. Sebenarnya apapun alat dan bahan yang digunakan, dengan teknik yang benar akan dapat mencapai hasil yang maksimal dan mempengaruhi hasil karya yang diciptakan. Evaluasi pembelajaran dengan cara pemberian nilai, nilai yang diberikan hanya ada dua yaitu nilai bagus dan nilai bagus sekali. Jadi bagaimanpun hasil dari karya anak akan tetap mendapatkan nilai yang bagus, karena faktor nilai dalam sebuah karya sangat mempengaruhi semangat anak untuk terus belajar.

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> <![endif]-->

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd
2. Lili Hartono, S.Sn M. Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP