Penulis Utama : Faulia Nurul Ulfa
NIM / NIP : K8112029
×

Abstrak

Penelitian ini  bertujuan  untuk  meningkatkan kemampuan  mengenal bentuk geometr imelalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subjek dan sumber data dalam penelitian ini adalah 14 anak kelompok A2 TK ABA Thoyibah Banyuanyar Surakarta Tahunajaran 2018/2019.
Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes.Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan untuk analisis data digunakan analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan  kemampuan  mengenal mengenal bentuk geometri. Hasil pada pretes diperoleh data sebanyak 4 dari 14 anak tuntas atau sebesar 28,6%. Hasil observasi siklus I diperoleh data dari 14 anak terdapat 8 anak atau sebesar 57,1% dikatakan tuntas. Siklus ke II terdapat peningkatan sebesar 85,7% atau 12 anak  sudah  tuntas.  Hasil  penelitian dapat  disimpulkan bahwa  melalui model pembelajaran  kooperatif  tipe talking stick dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun.

Kata Kunci : pengenalan bentuk geometri, pembelajaran kooperatif, talking stick

×
Penulis Utama : Faulia Nurul Ulfa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112029
Tahun : 2019
Judul : Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick pada Anak Kelompok A2 TK Aba Thoyibah Banyuanyar Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini-K8112029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd.,M.Hum.
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.