Penulis Utama : Sigit Arif Bowo
NIM / NIP : S841508026
×

ABSTRAK
Menulis merupakan keterampilan berbahasa terakhir setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Menulis penting untuk dikuasai karena membantu memecahkan masalah, mengembangkan penalaran, dan menjelaskan pikiran. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan motivasi dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa dan (2) meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Kedawung tahun ajaran 2016/2017 dengan penerapan metode pembelajaran Inquiry Based Learning.
Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober sampai dengan November 2016. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Kedawung. Data berupa RPP, foto, video, hasil tes, catatan lapangan, daftar nilai dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi: informan, tempat dan proses pembelajaran dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 80%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Inquiry Based Learning meningkatkan motivasi belajar siswa ditandai dengan aspek perhatian, keaktifan, dan antusias. Pada kegiatan prasiklus rerata motivasi sebesar 53,12%, naik pada siklus I sebesar 19,57% menjadi 72,69%. Pada siklus II naik menjadi 81,94%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa penerapan metode Inquiry Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Kedawung. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilaksanakan selama 2 siklus. Pada prasisklus jumlah siswa yang tuntas dengan KKM 75 sebanyak 11 siswa (35,48%) dengan nilai rata-rata 62,87. Siklus I, siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 24 siswa (77,42%) dengan rata-rata 75,16. Siklus II, siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 27 siswa (87,10%) dan melampaui target peneliti yaitu 80% dengan rerata nilai 81,16. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan metode Inquiry Based Learning  dapat meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Kedawung.
Kata Kunci: menulis teks laporan hasil observasi, motivasi, Inquiry Based Learning

 

×
Penulis Utama : Sigit Arif Bowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841508026
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Metode Inquiry Based Learning pada Siswa Kelas X Tkr 1 SMK Negeri 1 Kedawung Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-PASCASARJANA, Prodi Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia- S841508026-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Pd.,
2. Dr. Sumarwati, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.