Penulis Utama : Usman Abdillah
NIM / NIP : K2312074
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif Fisika pada materi Suhu dan Kalor kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menerapkan model pembelajaran Somatic Auditory Visually Intelectually (SAVI) dalam pembelajaran remediasi.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 6  SMA Negeri 1 Boyolali semester genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Pemilihan subjek dalam penelitian ini didasarkan pada pertimbangan bahwa subjek tersebut mempunyai permasalahan-permasalahan yang telah teridentifikasi pada saat observasi awal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dan teknik wawancara untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran remediasi dan teknik tes untuk data aspek kognitif Fisika siswa. Data tersebut kemudian dianalisis dengan statistik diskriptif yang terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa, penerapan pembelajaran remediasi dengan model pembelajaran SAVI dapat membantu siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2015/2016 dalam mencapai ketuntasan belajar pada aspek kognitif Fisika materi Suhu dan Kalor. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif Fisika dari tes awal hingga tes siklus II, pada tes awal ketuntasan belajar siswa sebesar 15,62 % dengan KKM sebesar 80, kemudian pada tes siklus I meningkat menjadi 71,88 %, dan pada tes siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 93,75 %.

Kata Kunci : remediasi, SAVI, kognitif Fisika, Suhu dan Kalor

 

×
Penulis Utama : Usman Abdillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2312074
Tahun : 2019
Judul : Remediasi Pembelajaran Fisika melalui Penerapan Model Savi untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor Kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Fisika-K2312074-2019
Kata Kunci : remediasi, SAVI, kognitif Fisika, Suhu dan Kalor
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si.
2. Drs. Pujayanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.