Penulis Utama : Raditya Jehan Andias
NIM / NIP : S861502025
×

ABSTRAK
Penelitian pengembangan yang dilakukan di SMA Batik 2 Surakarta kelas
XI  IPS,  bertujuan  untuk:  (1)  mendeskripsikan  bentuk  media  yang  digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA Batik 2 Surakarta; (2) mendeskripsikan prosedur pengembangan media komik sejarah berbasis perjuangan Letkol Slamet Riyadi di SMA Batik 2 Surakarta; (3) mendeskripsikan efektivitas media komik sejarah   berbasis   perjuangan   Letkol   Slamet   Riyadi   dalam   meningkatkan pemahaman siswa terhadap nasionalisme.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research
&  Development). Model  hipotetik  ini  mengadopsi  dari  model  ADDIE  dari Molenda. Dimana odel ADDIE menggunakan lima tahap pengembangan, antara lain : Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang akan dihasilkan berupa komik dengan pembuatan manual kemudian di edit menggunakan  software  corel  draw  dan adobe  photoshop  yang  pada  akhirnya menghasilkan media pembelajaran berupa buku komik. Komik ini disajikan dalam bentuk gambar-gambar yang dilengkapi narasi sehingga dalam suatu deskripsi mengenai suatu tempat atau peristiwa dan  ketokohan nampak begitu seolah-oleh pembaca bisa merasakan dan mengalami peristiwa itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, kuesioner, dan tes.
Berdasarkan hasil studi pendahuluan, guru lebih banyak menggunakan metode  ceramah,  sehingga  pembelajaran  lebih  banyak  berpusat  pada  guru (teacher centered). Tingkat nasionalisme siswa masih tergolong rendah. Peserta didik cenderung saling mengejek satu sama lain jika dihubungkan dengan soal perbedaan diantara mereka. Sebagian siswa besar peserta didik juga masih ada yang tidak memahami mengenai nilai-nilai nasionalisme dari Perjuangan Slamet Riyadi. Hasil uji validasi media diperoleh nilai sebesar 3,75 (baik), validasi materi diperoleh  nilai  3,63  (baik)  uji  coba  satu-satu  dilakukan  dengan  tiga  siswa diperoleh nilai 3,66 (baik), dan uji coba kelompok kecil dilakukan dengan lima sampel siswa diperoleh nilai 3,76 (baik), uji coba luas  dengan satu kelas sebagai sampel dengan pemberian angket diperoleh rata-rata 67,03 menunjukan adanya pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai nasionalisme. Hasil uji efektifitas kelas eksperimen dan kontrol dengan uji-t, diperoleh taraf signifikansi sebesar
0,022 dan 0,000, data tersebut menunjukan nilai signifikasi lebih kecil dari 0,025 dengan demikian Ho ditolak yang artinya ada perbedaan positif dan signifikan. Dengan demikian media pembelajaran sejarah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan prestasi dan sikap nasionalisme peserta didik.

 

Kata Kunci: Komik Sejarah, Perjuangan Letkol Slamet Riyadi,  Nasionalisme

 

×
Penulis Utama : Raditya Jehan Andias
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861502025
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Komik Sejarah Berbasis Perjuangan Letkol Slamet Riyadi untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa SMA Batik 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-PASCASARJANA, Prodi Studi Magister Pendidikan Sejarah- S681502025-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wasino, M.Hum.
2. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.