Penulis Utama : Aisyah Kurnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016008
Tahun : 2019
Judul : Gambaran Implementasi Safety Lock Sebagai upaya Pengendalian Kecelakaan Kerja Area Produksi Channel 1-15 Di Pt Skf Indonesia Jakarta Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS. Fak. Kedokteran- Jur. Hiperkes dan Keselamatan Kerja- R0016008-2019
Subyek : SAFETY LOCK, KECELAKAAN KERJA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang : Perkembangan perindustrian dan perekonomian di Indonesia memberikan peluang yang besar berupa lahan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Namun masalah keselamatan kerja secara umum di Indonesia masih sering terabaikan. Mesin dapat membuat keuntungan yang cukup besar bagi penggunanya, namun dapat juga membuat kerugian sewaktu-waktu. Kecelakaan kerja yang sering terjadi adalah tangan terjepit, teriris atau bahkan terpotong, sehingga pencegahan dan pengendalian kecelakaan kerja di bidang otomotif  dapat dilakukan dengan menggunakan safety lock yang mampu meminimalisir kemungkinan terjadinya operasi alat yang tidak disengaja dan kemungkinan kecelakaan.

Metode : Jenis penelitian obsevasi dengan metode deskriptif yang menjelaskan atau mendeskripsikan gambaran bagaimana implementasi Safety Lock untuk mencegah kecelakaan kerja di PT SKF Indonesia. Hasil : Penggunaan safety lock pada mesin produksi channel 1-15 dibagi menjadi dua jenis yaitu proximity sensor dan interlock. Pemasangan kedua jenis safety lock tersebut telah disesuaikan dengan jenis mesin, yaitu grinding dan assembling yang memiliki potensi bahaya yang berbeda. Sistem Manajemen yang diterapkan pada pemasangan safety lock adalah menggunakan metode Plan Do Check Action (PDCA).

Simpulan : Implementasi safety lock mampu menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh PT SKF Indonesia untuk menurunkan angka kecelakaan kerja apabila  manajemen safety lock terus dilaksanakan secara optimal.


Kata kunci : Safety Lock, Kecelakaan Kerja

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
AISYAH KURNAINI.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Iwan Suryadi, SKM, M. Kes
2. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran