Penulis Utama : Imanudin Hari Setyoko
NIM / NIP : S841802014
×

Abstrak

Fenomena  yang  terjadi  di  kalangan  siswa  adalah  banyaknya  siswa  yang kurang terampil dan cenderung menganggap remeh dalam mengapresiasi sastra khususnya apresiasi cerpen berbicara pada situasi tersebut tampaknya juga dialami oleh siswa siswi SMA di Kabupaten Sleman. Gejala tersebut terlihat ketika siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru terlihat kurangnya pemahaman siswa terhadap apresiasi. Penelitian ini hendak melihat siswa dalam mengapresiasi cerpen dari segi kemampuan emosional siswa ketika proses pengajaran.
Secara umum, penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan apresiasi cerpenditinjau dari kecerdasan emosional. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) manakah yang memberikan pembelajaran yang lebih baik, model sinektik, model mind mapping?; 2) manakah yang memberikan  pembelajaran yang lebih baik, siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi atau rendah?; 3) interaksi antara penggunaan metode dengan kecerdasan emosional
Jenis  penelitian ini adalah penelitian  eksperimental  semu  dengan  populasi seluruh siswa kelas XISMA Negeri di Kabupaten Sleman tahun ajaran 2018/ 2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 50. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan apresiasi cerpen adalah tes kemampuan apresiasi cerpen. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecerdasan emosional adalah angket kecerdasan emosional. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) siswa yang dikenai pembelajaran sinektik lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran mind  mapping;  2)  kemampuan apresiasi  cerpen  siswa  yang  memiliki  kecerdasan emosional  tinggi  lebih  baik  daripada siswa  yang memiliki  kecerdasan  emosional rendah; 3) terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi kemampuan apresiasi siswa

Kata Kunci : apresiasi cerpen, sinektik, mind mapping, dan kecerdasan emosional

×
Penulis Utama : Imanudin Hari Setyoko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841802014
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Metodepembelajaran Sinektik terhadap Kemampuan Apresiasi Cerpen Ditinjau dari Kecerdasan Emosional (Studi Eksperimen pada Siswa SMA Negeri se Kabupaten Sleman)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S841802014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M.Pd.
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.