Penulis Utama : Indriana Yuni Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513029
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan media pembelajaran modul gambar teknik berbasis pendekatan Learning Cycle 5e
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2513029-2017
Subyek : GAMBAR TEKNIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Modul gambar teknik ini dikembangkan berdasar pendekatan Learning Cycle 5E meliputi engagement, exploration, elaboration, evaluation dan disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Learning Cycle 5E dipilih sebagai model pengembangan karena dianggap sejalan dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan media pembelejaran Gambar Teknik yang berupa modul berbasis pendekatan Learning Cycle 5E sebagai penunjang mata pelajaran gambar teknik di SMK.; (2) Melakukan analisis kelayakan pengembangan media pembelajaran gambar teknik berupa modul berbasis pendekatan Learning Cycle 5E sebagai penunjang mata pelajaran gambar teknik di SMK berdasarkan penilaian ahli materi dan media, serta guru pengampu.
Pengembangan media pembelajaran modul gambar teknik berbasis pendekatan Learning Cycle 5E mengacu pada model pengembangan 4D Thiagarajan. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develoment (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Karena beberapa alasan penelitian pengembangan ini dibatasi sampai pada tahap development (pengembangan). Sedangkan untuk tahap disseminate (penyebaran/evaluasi) di lakukan dengan penyebaran angket tanggapan guru.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Sebuah Modul Gambar Teknik berbasis Learning Cycle 5E yang dikembangkan pada kompetensi dasar tanda ukuran dan aturan peletakan ukuran gambar, pengenalan tanda dan letak hasil gambar potongan, pengenalan dan penerapan jenis gambar potongan. (2) Kelayakan media pembelajaran Modul Gambar Teknik Berbasis Pendekatan Learning Cycle 5E didapatkan dari hasil penilaian ahli materi dan ahli media. Hasil penilaian ahli materi memperoleh rata-rata presentase 87,5% termasuk pada kriteria “Sangat Baik”. Hasil penilaian ahli media memperoleh rata-rata presentase 88,006% termasuk pada kriteria “Sangat Baik”. dan dari angket tanggapan guru diperoleh rerata presentase 91,67% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”.
Kata Kunci: Modul, 4D, gambar teknik, Learning Cycle, 5E.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Indah Widiastuti, ST, M.Eng
2. Basori, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP