Penulis Utama : Arindya Mardani
NIM / NIP : S881708003
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui kebutuhan produk multimedia pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kesiapsaiagaan bencana siswa kelas V Sekolah Dasar. (2) Mengetahui teknik pengembangan multimedia pembelajaran Interaktif materi gempa bumi untuk kesiapsiagaan bencana siswa kelas V Sekolah Dasar. (3) Mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran interaktif materi gempa bumi untuk kesiapsiagaan bencana siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Research and Development (R &D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Hasil penelitian antara lain: (1) Kebutuhan peserta didik pada mata pelajaran gempa bumi dengan multimedia pembelajaran interaktif fokus pada pembelajaran IPS tema 8 KD 3.3 dan KD 4.3. Serta guru membutuhkan media untuk menunjang pemahaman materi. (2) Berdasarkan skor penilaian uji validasi ahli materi dan ahli materi terhadap multimedia pembelajaran interaktif bencana gempa bumi mendapatkan skor total 3,475 termasuk dalam kategori sangat baik atau layak. Sedangkan uji kelayakan formatif oleh siswa, skor rata-rata uji perseorangan mendapatkan 2,5 jika dikonversikan termasuk dalam kategori cukup atau cukup layak, skor rata-rata uji kelompok kecil mendapatkan 3,68 jika dikonversikan termasuk dalam kategori sangat baik atau layak, skor rata-rata uji lapangan pretest yaitu 6,9 dan skor meningkat setelah diterapkan media dengan skor posttest 9,16. (3) Efektifitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif dengan menggunakan N-gain mendapatkan nilai 0,729 interpretasi menurut hage termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini diperkuat dengan hasil efektifitas pembelajaran peserta didik dengan hasil uji t posttest kelas eksperimen sebesar 1,818 dan kelas kontrol 1,33. Kesiapsiagaan siswa diukur dengan angket sikap sebelum dan sesudah pembelajaran gempa bumi. Hasil data penilaian sebelum pembelajaran diperoleh skor rata-rata 31,15 dengan persentase 71% kategori skor baik (siap). Data penilaian sikap siswa setelah mendapatkan pembelajaran diperoleh skor rata-rata 35,3 dengan persentase 88% kategori sangat baik (sangat siap).

 

×
Penulis Utama : Arindya Mardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881708003
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Gempa Bumi untuk Meningkatkan Kesiapsiagaan Bencana Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri 1 Pokoh Kidul Wonogiri)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Geografi-S881708003-2020
Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, Gempa Bumi, Kesiapan Siswa
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
2. Dr. Ahmad, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.