Penulis Utama : Ahmat Bin Syuhkri
NIM / NIP : K4213006
×

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin:0in; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman","serif";} </style> <![endif]-->

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) struktur dramatik wayang kancil karya Ki Ledjar Subroto; (2) nilai pendidikan pada wayang kancil karya Ki Ledjar Subroto; (3) Wujud bahan ajar dari lakon wayang kancil karya Ki Ledjar Subroto; (4) relevansi wayang kancil sebagai bahan ajar di SMP.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu rekaman video wayang kancil karya Ki Ledjar Subroto dengan lakon Kancil lan Keyong, Kancil lan Buta, dan Kancil, Kebo lan Baya  yang diambil dari youtube, dan informan dhalang wayang kancil, dosen ahli bidang sastra, dosen ahli bidang bahasa, guru bahasa Jawa SMP, dan siswa SMP yang jumlahnya empat. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan induktif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak catat dan wawancara. Validitas yang digunakan yaitu trianggulasi teori dan sumber. Teknik analisis data menggunakan tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lakon wayang kancil menggunakan alur maju. Tokoh dan penokohan digambarkan melalui dialog dan perbuatan tokoh. Dialog yang digunakan sederhana penuh pengajaran. Setting secara umum berada di hutan dan waktu siang. Tema yang digunakan tidak jauh dari kehidupan. Amanat dalam lakon wayang kancil secara umum yaitu sikap menghargai sesama; (2) nilai pendidikan wayang kancil karya Ki Ledjar Subroto meliputi: (a) nilai agama secara umum mengajarkan tentang kepasrahan terhadap kehendak Tuhan; (b) nilai sosial mengajarkan tentang sikap tolong menolong sesama; (c) nilai moral secara umum mengajarkan balas budi; (d) nilai estetis secara visual dan audio; (3) bentuk bahan ajar berupa transkrip video berbentuk dialog antartokoh dan juga sinopsis cerita lakon. Komponen bahan ajar meliputi dialog antar tokoh, gambaran pementasan lakon wayang kancil, penjabaran nilai pendidikan, dan latihan soal; (4) wayang kancil karya Ki Ledjar Subroto mampu menarik perhatian siswa karena bahasa yang digunakan mudah. Setelah dilakukan analisis teori dan sintesis sumber data dengan informan, disintesiskan bahwa wayang kancil karya Ki Ledjar Subroto dapat dijadikan sebagai bahan ajar Bahasa Jawa di SMP karena memenuhi kriteria bahan ajar yang baik dan sarat akan nilai pendidikan.

Kata kunci : struktur dramatik, nilai pendidikan, bahan ajar, wayang kancil

×
Penulis Utama : Ahmat Bin Syuhkri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213006
Tahun : 2017
Judul : Struktur dramatik dan nilai pendidikan pada lakon Wayang Kancil karya Ki Ledjar Subroto dan relevasinya sebagai bahan ajar bahasa jawa di SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4213006-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atikah Anindiyarini, S. S, M. Hum.
2. Astiana Ajeng Rahadini, S. Pd., M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.