Penulis Utama : Lis Tyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2312037
Tahun : 2017
Judul : Penerapan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas X SMA Al Islam 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K2312037-2017
Subyek : CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis pada pembelajaran Fisika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)  kelas X MIPA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta sebanyak 39 siswa. Data diperoleh melalui tes, pengamatan, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif didukung data kuantitatif.

Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL)dalam pembelajaran Fisika dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa kelas X MIPA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta.Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi terhadap siswa yang meningkat dari siklus I sampai siklus II dan mencapai target ketercapaian pada siklus II dan dari hasil tes kemampuan analisis yang mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 14 %, dan di siklus II telah mencapai target ketercapaian yaitu 83 % siswa mencapai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran apabila fasilitas sekolah mendukung, terdapat waktu yang panjang untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, dan siswa aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), kemampuan analisis, pembelajaran alat-alat optik

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd.
2. Dwi Teguh Rahardjo, S.Si., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP