Penulis Utama : Fajar Setyo Rahmanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414024
Tahun : 2017
Judul : Strategi optimalisasi Taman Kali Tuntang Lama sebagai kawasan rekreasi perkotaan di Kabupaten Demak
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu dan Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu dan Budaya Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-C9414024-2017
Subyek : OPTIMALISASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK


Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang latar belakang pembangunan, Strategi atau langkah-langkah yang diambil pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengoptimalisasian Taman Kali Tuntang Lama sebagai kawasan rekreasi perkotaan di Kabupaten Demak serta kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengoptimalisasian.

Penulisan Laporan ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan pengoptimalan Taman Kali Tuntang Lama sebagai kawasan rekreasi perkotaan di Kabupaten Demak. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara dengan pengelola secara mendalam, dan wawancara kepada pengunjung menggunakan sampling insidental, selain itu pengumpulan data lainnya dilakukan dengan telaah dokumen dan observasi lapangan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Taman Kali Tuntang lama dibangun untuk memperindah area kantor Kabupaten dan untuk memenuhi kebutuhan 30% Ruang Terbuka Hijau di Kabupaten Demak. Dinas Pekerjaan Umumdan Tata Ruang sebagai pengelola sudah melakukan pemeliharaan rutin serta mengadakan kegiatan di area Taman Kali Tuntang Lama, dan beberapa komunitas masyarakat telah mengadakan kegiatan baik itu gathering maupun bersih sungai di Taman Kali Tuntang Lama. Kendala yang dihadapi adalah belum adanya koordinasi dan komunikasi yang baik antar dinas yang berkepentingan di Taman Kali Tuntang Lama dan kurangnya kepedulian masyarakat tentang pentingnya memanfaatkan serta merawat taman dalam sebuah kota.
 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pengomptimalan Taman Kali Tuntang Lama sudah dilakukannya pembangunan dan pemeliharaan secara bertahap oleh pengelola serta sudah ada beberapa komunitas masyarakat yang melakukan kegiatannya di taman. Kekurangannya adalah kurangnya koordinasi antara Dinas Pariwisata dan. Dinas Pekerjaan Umumdan Tata Ruang sebagai pengelola dan pembuat kegiatan di taman dan kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga taman kota.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SURAT PERNYATAAN.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deria Adi Wijaya, S.ST., M.Sc.
2. Nanang Wijayanto, S.ST., M.M Par.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya